Kajian sosiologi sastra pada tokoh utama dalam novel Arrajullu Alladzi Amana karya Najib al-Kaelani / Novi Ariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian sosiologi sastra pada tokoh utama dalam novel Arrajullu Alladzi Amana karya Najib al-Kaelani / Novi Ariyanti

Ariyanti, Novi (2018) Kajian sosiologi sastra pada tokoh utama dalam novel Arrajullu Alladzi Amana karya Najib al-Kaelani / Novi Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Ariyanti Novi. 2018. Kajian Sosiologi Sastra pada Tokoh Utama dalam Novel Arrajullu Alladzi 8121 mana Karya Najib Al-Kaelani. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hanik Mahliatussikah M.Hum (II) Laily Maziyah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Sosiologi Novel Arrajullu Alladzi 8121 mana tokoh. Novel Arrajullu Alladzi 8121 mana adalah sebuah karya sastra yang sangat menarik. Najib Kaelani mengarang novel ini bukan semata menulis sebuah cerita melainkan juga sebagai sarana dakwah melalui tulisan. Tokoh utama dalam novel ini sangat menarik karena mengalami berbagai konflik-konflik dalam mencari jati dirinya hingga pada akhirnya ia memeluk Islam. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti sosiologi tokoh utama dalam novel ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) wujud tokoh dan penokohan (2) sosiologi tokoh utama dan (3) penerapan kajian sosiologi tokoh utama dalam novel Arrajullu Alladzi 8121 mana pada pembelajaran telaah prosa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data penelitian ini berupa cerita novel karya Najib Al-Kaelani. Fokus penelitian ini adalah tokoh dan penokohan sosiologi tokoh utama dan implikasinya pada pembelajaran telaah prosa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Agar data-data yang diperoleh valid maka peneliti menggunakan triangulasi sumber sebagai pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh dan penokohan novel Arrajullu Alladzi 8121 mana sebagai berikut.(1) Iryan sosok yang memiliki keinginan kuat pekerja keras cerdas penyayang baik hati serta sopan. (2) Sophia sosok wanita yang sombong keras kepala suka berfoya-foya semena-mena. (3) Syamsi seorang penari wanita yang pekerja keras sombong angkuh matrealistis. (4) Maishun sosok istri yang sholehah penyayang lemah lembut. (5) Ayah seorang ayah yang bijaksana penyayang taat agama. (6) Ibu seorang ibu yang sangat penyayang sabar dan lemah lembut. (7) Ali sosok sahabat yang baik rendah hati suka menolong tanpa mengaharap balasan. (8) Shaqr sosok lelaki yang kaya raya dermawan dan cerdas. (9) Beneto sosok laki-laki yang tidak menghargai orang lain menganggap dirinya selalu benar dan jahat. (10) Syeikh Idul Husain seorang ulama yang religius rendah hati bijaksana serta tauladan yang baik. Tokoh utama dalam novel Arrajullu Alladzi 8121 mana adalah Iryan. Sosiologi tokoh utama dibagi menjadi tiga peran yaitu peran Iryan sebagai individu peran Iryan sebagai anggota keluarga dan peran Iryan sebagai anggota masyarakat. Penelitian ini juga dapat diterapkan pada pembelajaran telaah prosa (dirasah natsriyah) yaitu kajian sosiologi dengan fokus sosiologi tokoh utama pada novel Arrajullu Alladzi 8121 mana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item