Pengembangan buku ajar IPS berbasis kearifan lokal tentang reog Ponorogo untuk kelas IV SDN Siman Kabupaten Ponorogo / Burhanuddin Ma'sum

Ma'sum, Burhanuddin (2019) Pengembangan buku ajar IPS berbasis kearifan lokal tentang reog Ponorogo untuk kelas IV SDN Siman Kabupaten Ponorogo / Burhanuddin Ma'sum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ma’sum, Burhanuddin. 2019. Pengembangan Buku Ajar IPS Berbasis Kearifan Lokal Tentang Reog Ponorogo Untuk Kelas IV SDN 1 Siman Kabupaten Ponorogo. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ari Sapto, M.Hum, (2) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A. Kata Kunci: buku ajar, kearifan lokal, reog ponorogo. Indonesia memiliki beragam budaya daerah. Setiap budaya memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang perlu dilestarikan. Penting bagi bangsa menanamkan nilai-nilai kearifan lokal sejak dini kepada generasi bangsa karena bangsa yang kuat adalah bangsa yang menjunjung budayanya dan tetap memegang teguh nilai-nilai kearifan lokal daerahnya. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menghasilkan buku ajar IPS berbasis kearifan lokal tentang Reog Ponorogo untuk kelas IV SD yang valid, menarik, praktis dan efektif. Buku ajar ini nantinya akan memudahkan siswa dan guru dalam mempelajari kearifan lokal seni Reog Ponorogo. Karena di SDN 1 Siman guru mengalami kesulitan dalam mengaitkan materi dengan kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model Dick & Carey. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil perhitungan angket validator ahli, angket respon guru dan siswa, dan hasil belajar siswa. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan yang berupa kritik atau saran dari validator ahli, guru dan siswa. Penelitian ini menghasilkan buku ajar berbasis kearifan lokal tentang Reog Ponorogo untuk kelas IV SD yang sangat valid secara teoritik, sangat menarik digunakan sebagai buku penunjang pembelajaran IPS, sangat praktis dilaksanakan oleh siswa dan guru dan sangat efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji kevalidan mendapat skor 95%, uji kepraktisan mendapat skor 92%, uji kemenarikan mendapat skor 90%, dan uji keefektifan semua siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Saran untuk pengguna buku ajar ini yaitu buku ini dapat digunakan sebagai buku penunjang pembelajaran IPS yang dikaitkan dengan lingkungan sekitar siswa khususnya daerah Ponorogo. Buku ajar berbasis kearifan lokal Reog Ponorogo ini dapat disebarluaskan ke sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Ponorogo karena materinya mengandung kearifan lokal daerah Ponorogo. Untuk peneliti selanjutnya, penelitian dapat dilakukan dengan memperbanyak kearifan lokal yang dimasukkan dalam materi pembelajaran, sehingga siswa akan mengenal semua kearifan lokal yang ada di daerahnya. Hal ini bertujuan agar pembelajaran lebih efektif dan memperoleh hasil penelitian yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114818

Actions (login required)

View Item View Item