Pengaruh peta pemikiran (thinking map) dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep IPA dan literasi sains siswa SMP / Latifah Hanim

Hanim, Latifah (2019) Pengaruh peta pemikiran (thinking map) dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep IPA dan literasi sains siswa SMP / Latifah Hanim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanim, Latifah. 2019. Pengaruh Peta Pemikiran (Thinking Map) dalam Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Penguasaan Konsep IPA dan Literasi Sains Siswa SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. HerawatiSusilo, M.Sc., Ph.D., (II) Dr. LiaYuliati, M.Pd. KataKunci:literasi sains,pembelajaran berbasis masalah, penguasaan konsep,sistem pencernaan,Thinking Map. Literasi sains merupakan kompetensi utama abad XXI yang harus dimiliki siswa selama belajar IPA.Siswa yang berliterasi sains mampu mengaitkan pengetahuan IPA dan terlibat dengan isu-isu IPA sebagai warga reflektif dalam konteks personal, nasional, dan global. Untuk mencapai hal ini diperlukan pembiasaan memecahkan masalah sehari-hari dalam pembelajaran yang berbasis masalah (PBM). Tujuan penelitianuntuk mengetahuikeefektifan PBM berbantuan Thinking Mapterhadap penguasaan konsep IPA danliterasi sains siswa pada materi sistem pencernaan, zataditifdanadiktif, dansistempernapasanpadamanusia. Penelitiankuantitatifini melibatkan 94 peserta didik terdiri atas tiga kelas, yaitu 31 peserta didik kelas VIII C, 31 peserta didik kelas VIII Edan 32pesertadidikkelas VIII A SMP Negeri 5 Jombangtahunajaran2018/2019. Data dihimpun menggunakan teknik tes dan non-tes melalui lembar observasi. Kemudian data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial dengan ancovauntuk mengetahui keefektifan PBM berbantuan thinking map, sertaujieffect size untukmengetahuiberapabesarpengaruhthinking map. Hasil penelitian menunjukkan: 1) PBM berbantuan thinking mapefektif danberpengaruhbesarterhadap penguasaan konsep siswapada materi sistem pencernaan, zataditifdanadiktif, dansistempernapasandan 2) PBMberbantuan thinking map efektif danberpengaruhbesarterhadap literasi sainssiswa pada materi sistem pencernaan, zataditifdanadiktif, dansistempernapasan. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaanpenguasaan konsep dan kemampuan literasi sains sebelum dan setelah menggunakan PBM berbantuan Thinking Map pada materi sistem pencernaan, zataditifdanadiktif, dansistempernapasan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran berbasis masalah berbantuan thinking map berpengaruh baik pada penguasaan konsep IPA dan literasi sains siswa sehingga efektif digunakan di SMP pada materi sistem pencernaan, zataditifdanadiktif, dansistempernapasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114817

Actions (login required)

View Item View Item