Analisis kemampuan berpikir kritis-kreatif dalam pemahaman teks eksplanasi dan teks narasi siswa kelas V sekolah dasar / Wahyu Nurmalasari

Nurmalasari, Wahyu (2019) Analisis kemampuan berpikir kritis-kreatif dalam pemahaman teks eksplanasi dan teks narasi siswa kelas V sekolah dasar / Wahyu Nurmalasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurmalasari, Wahyu. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif dalam Pemahaman Teks Eksplanasi dan Teks Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Titik Harsiati, M.Pd., (II) Prof. Dr. Cholis Sadi’jah, M.Pd. Kata Kunci: berpikir kritis-kreatif, teks eksplanasi, teks narasi. Kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari proses berpikir. Berpikir kritis merupakan kegiatan dalam menilai dan menemukan suatu kesalahan, sedangkan berpikir kreatif merupakan kegiatan yang berhubungan dengan mencipta terkait kecerdasan dan imajinasi. Siswa memiliki kemampuan berpikir kritis-kreatif yang berbeda-beda. Kemampuan berpikir kritis-kreatif dikembangkan untuk membantu Melalui wawancara dengan guru menunjukkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis kreatif tergolong rendah dengan siswa belum mampu menuliskan gagasan atau pernyataan yang tepat sesuai dengan peristiwa atau topik yang ditugaskan oleh guru. Pada penulisan teks eksplanasi siswa masih mengalami kebingungan dalam membedakan antara teks narasi. Guru juga belum menggunakan media pendukung untuk menumbukan ide-ide kreativitas siswa seperti gambar ataupun video mengenai peristiwa yang akan ditulis menjadi suatu teks eksplanasi dan teks narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis-kreatif siswa dalam pemahaman teks eksplanasi dan teks narasi yang menggunakan stimulus gambar. Pendekatan pada penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yakni penelitian deskriptif. Batasan penelitian ini terletak pada materi yakni teks eksplanasi dan teks narasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Madyopuro 6 Malang berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data dengan tes soal uraian. Analisis data dengan mereduksi, memaparkan data, dan menarik kesimpulan serta melakukan pengecekan keabsahan data. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kreatif dalam pemahaman teks eksplanasi dan narasi siswa ditemukan beberapa pola jawaban. Pola jawaban siswa terkait kemampuan menginterpretasi, menganalisis, dan menilai yang berupa pola eksplisit dan pernyataan yang tergolong kriteria rendah. Sementara dalam kemampuan mencipta/mengelaborasi dan fleksibilitas ditemukan pola jawaban karangan singkat termasuk dalam kriteria rendah. Ketepatan memberikan judul tergolong kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru hendaknya dapat merancang dan menyusun kegiatan pembelajaran yang berhubunngan dengan kemampuan pemahaman teks eksplanasi maupun teks narasi sesuai kebutuhan siswa dengan penggunaan media atau stimulus yang tepat sesuai dengan topik. Selain itu, guru juga dapat menggunakan media lain sebagai penunjang seperti video maupun siswa diajak melakukan pembelajaran di luar kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114814

Actions (login required)

View Item View Item