Pengembangan tes keterampilan membaca berbasis pirls untuk kelas IV SD semester II / Khalida Hardani

Hardani, Khalida (2020) Pengembangan tes keterampilan membaca berbasis pirls untuk kelas IV SD semester II / Khalida Hardani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hardani, Khalida. 2019. Pengembangan Tes Keterampilan Membaca Berbasis PIRLS Untuk Siswa Kelas IV SD Semester II. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., (II) Dr. Nurchasanah, M.Pd. Kata Kunci: tes, keterampilan membaca, PIRLS, sekolah dasar. Keterampilan membaca pemahaman sudah menjadi fokus secara internasional. Progress in International Reading Literacy Study merupakan studi internasional yang mengukur kemampuan membaca siswa kelas IV SD. Indonesia terakhir mengikuti tes PIRLS tahun 2011 dengan peringkat ke 42 dari 49 negara lain. Rendahnya tingkat keterampilan membaca perlu ditingkatkan, dengan memberikan tes latihan untuk menunjang keterampilan membaca. Hasil analisis pada buku siswa kelas IV SD, teks yang digunakan masih belum sesuai dengan jenjang umur atau kelas, dan pertanyaan pada buku siswa belum mencangkup tingkah rendah sampai sempurna. Pada buku guru belum terdapat kunci jawaban dari pertanyaan buku siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian pengembangan produk yang dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV SD. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan produk tes keterampilan membaca berbasis PIRLS yang valid dan efektif untuk kelas IV sekolah dasar semester II. Penelitian pengembangan ini menggunakan O’Malley & Pierce yang terdiri atas delapan tahapan langkah yaitu, (1) membangun sebuah tim, (2) menentukan tujuan asesmen autentik, (3) menyusun spesifikasi produk, (4) melakukan pengembangan professional pada asesmen autentik, (5) mengkaji penelitian terdahulu tentang asesmen autentik, (6)mmengadaptasi asesmen yang ada atau mengembangkan yang baru, (7) uji coba asesmen, dan (8) revisi asesmen. Uji coba yang dilakukan meliputi uji validasi ahli bahan ajar dan ahli materi, uji perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Jenis data yang dikumpulkan meliputi data kualiatatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket validasi, lembar penilaian, angket respon siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif kuantitatif untuk angket validasi, angket respon siswa serta guru dan satistik parametik untuk hasil belajar. Produk yang dihasilkan berupa buku tes siswa dan buku panduan guru. produk terdiri atas enam pembelajaran yang berisi kegiatan pendahuluan awal materi, membaca teks, melengkapi teks, latihan soal, meringkas atau membuat teks, dan dua kegiatan evaluasi. Teks yang dikembangkan berupa teks sastra yang terdiri atas teks dongeng, teks puisi, teks petualangan, dan teks nonsastra yang terdiri atas teks eksplanasi ilmiah, teks cerita diri/personal, teks laporan hasil observasi. Teks bacaan menggunakan tes keterbacaan SMOG dengan usia 9 sampai 10 tahun. Hasil validasi produk menunjukkan sebesar 85,23% dinyatakan sangat valid. Aspek yang dinilai yaitu cover, bahasa, panduan guru, kemenarikan, dan kelayakan isi. Hasil uji keefektifan hasil belajar menunjukkan posttest yang diperoleh siswa kelas IVA (kelas kontrol) mendapatkan persentase sebesar 58,8% untuk pengetahuan sastra, 52,6% untuk pengetahuan nonsastra, 62,3% untuk keterampilan sastra, dan 64,4% untuk keterampilan nonsastra. Siswa kelas IVB (kelas eksperimen) mendapatkan persentase sebesar 72,2% untuk pengetahuan sastra, 64,1% untuk pengetahuan nonsastra, 70,8% untuk keterampilan sastra, dan 77,8% untuk keterampilan nonsastra. Kelas yang diberi perlakuan dengan produk mengalami peningkatan dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji keefektifan angket respon guru dan siswa menunjukkan sebesar 96,25% dan 86,17% yang menyatakan produk sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan disimpulkan tes keterampilan membaca berbasis PIRLS valid menurut ahli media dan materi, dan berdasarkan uji coba lapangan produk tes keterampilan membaca berbasis PIRLS efektif dalam pembelajaran untuk kelas IV sekolah dasar. Penggunaan produk, guru sebaiknya membaca langkah-langkah petunjuk penggunaan tes keterampilan membaca berbasis PIRLS sebelum melaksanakan pembelajaran bersama siswa. Produk bahan ajar keterampilan membaca berbasis PIRLS dapat digunakan di kelas IV sekolah dasar lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114813

Actions (login required)

View Item View Item