Penerapan strategi pembelajaran motivational ARCS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sambi 1 Kediri / Nur Najama

Najama, Nur (2020) Penerapan strategi pembelajaran motivational ARCS untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sambi 1 Kediri / Nur Najama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ringkasan Najama, N. Penerapan Strategi Pembelajaran Motivasional ARCS Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sambi 1 Kediri. Tesis, Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd., M.Ed., (2) Dr. Munzil, M. Si Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Motivasional ARCS, Motivasi, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Sambi I Kediri menunjukkan bahwa guru masih menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu pembelajaran dengan metode ceramah. Permasalahan yang dialami guru pada saat pembelajaran yaitu (1) kurangnya antusiasme dan rasa tertarik siswa dalam kegiatan pembelajaran, ditandai dengan sedikitnya siswa yang mengangkat tangan untuk mengajukan atau menyampaikan pendapat, (2) kurangnya aktivitas belajar siswa, menyebabkan siswa menjadi pasif dikarenakan guru masih mendominasi pembelajaran, dan (3) hasil belajar rendah, hanya 9 (32%) siswa yang tuntas belajar, dan 19 (68%) siswa mendapat nilai di bawah KKM yaitu 75. Maka diperlukan suatu upaya untuk mengatasi permasalahn tersebut dengan menerapkan strategi pembelajaran motivasional ARCS sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sambi 1 Kediri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Sertiap siklus terdiri atas enam pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini semua siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa yang terdiri atas 11 siswa laki-laki, dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Adapun kriteria keberhasilan pelaksanaan strategi motivasi ARCS dengan minimal keberhasilan 80% atau mencapai kriteria baik. Analisis data penelitian tindakan yang telah dilaksanakan, pada siklus I menunjukkan bahwa: (1) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 76% pada kriteria baik (2) hasil angket motivasi siswa mencapai 73% pada kriteria tinggi (3) serta tes hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥76 sebesar 64%. Data pada siklus I tersebut belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan, sehingga perlu dilaksanakan perbaikan pada tindakan selanjutnya, yairtu siklus II. Pada siklus II menunjukkan bahwa (1) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 88% pada kriteria sangat baik (2) hasil angket motivasi siswa mencapai 89% pada kriteria sangat tinggi (3) serta tes hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥76 sebesar 93%. Hasil analisis data pada siklus II tersebut menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan telah tercapai, sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan (1) penerapan strategi motivasi ARCS dalam penelitian ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA oleh karena itu strategi motivasi ARCS dapat dipertimbangkan untuk dijadikan alternatif dalam pembelajaran. (2) dalam menerapkan strategi motivasi ARCS guru hendaknya lebih banyak memberikan motivasi pada siswa agar siswa terlibat aktif dalam memecahkan masalah, (3) dalam proses pembelajaran IPA guru hendaknya menerapakn berbagai macam model pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar, (4) perlu adanya penelitian lebih lanjut karena penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas IV SDN Sambi I Kediri Tahun Pelakaran 2018/2019, hendaknya dapat mengembangkan pada materi lain dengan memperhatikan materi prasyarat, pengembangan LKS dengan strategi motivasi ARCS, penggunaan waktu dan tempat duduk. .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114811

Actions (login required)

View Item View Item