Keselarasan antara Musikalitas Tuturan dan Pesan yang Terkandung dalam Alquran Surat Al-Ikhlaash, Al-Falaq, dan An-Naas / Alfi Nur Azizah

Azizah, Alfi Nur (2018) Keselarasan antara Musikalitas Tuturan dan Pesan yang Terkandung dalam Alquran Surat Al-Ikhlaash, Al-Falaq, dan An-Naas / Alfi Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azizah, Alfi Nur. 2018. Keselarasan antara Musikalitas Tuturan dan Pesan yang Terkandung dalam Alquran Surat Al-Ikhlaash, Al-Falaq, dan An-Naas. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Achmad Tohe, M.A., Ph.D., (2) Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: musikalitas tuturan, kandungan Alquran, keselarasan Alquran sebagai kitab suci bagi umat Islam, diturunkan dalam bahasa Arab dengan segala kekhasannya. Tuturan-tuturan Alquran memiliki musikalitas sendiri. Yang dapat mengantarkan pendengarnya memahami kandungan yang hendak disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas keselarasan antara musikalitas tuturan dalam surat Al-Ikhlaash, Al-Falaq, dan An-Naas dan pesan yang terkandung dalam surat yang bersangkutan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Alquran surat Al-Ikhlaash, Al-Falaq, dan An-Naas. Adapun datanya berupa bentuk-bentuk keselarasan musikalitas tuturan dengan pesan yang terkandung dalam Alquran surat Al-Ikhlaash, Al-Falaq, dan An-Naas. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, dengan membaca berbagai rujukan yang berkaitan dengan data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keselarasan antara musikalitas tuturan dan pesan yang terkandung dalam Alquran surat Al-Ikhlaash, Al-Falaq, dan An-Naas. Adapun unsur-unsur musikalitas tuturan dalam Alquran yaitu huruf, silabel (suku kata), tekanan, pengulangan, faashilah (kata terakhir pada ayat), dan keseimbangan irama. Pengulangan dibagi menjadi empat, yaitu pengulangan huruf, pengulangan suku kata, pengulangan kata, dan pengulangan ayat atau susunan kalimat dalam ayat. Unsur-unsur lain yang membangun musikalitas tuturan dalam Alquran adalah tajwiid. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para pelajar dan pengajar dalam pembelajaran untuk menjelaskan keselarasan antara musikalitas tuturan Alquran dan kandungan pesan yang hendak disampaikan. Penelitian ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh peneliti lain untuk dijadikan landasan atau pertimbangan untuk penelitian lanjutan yang topiknya berhubungan dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11481

Actions (login required)

View Item View Item