Pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah kreatif (creative problem solving) pada kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar tematik siswa kelas V Sekolah Dasar / Resti Ajeng Pramestika

Pramestika, Resti Ajeng (2019) Pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah kreatif (creative problem solving) pada kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar tematik siswa kelas V Sekolah Dasar / Resti Ajeng Pramestika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pramestika, Resti Ajeng.2019. Pengaruh Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Kreatif (Creative Problem Solving) Pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si. Kata Kunci : model pembelajaran, creative problem solving, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah kreatif pada kemampuan berpikir kreatif siswa, 2) pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah kreatif pada hasil belajar tematik siswa kelas V semester II tahun ajaran 2018/2019 di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian menggunakan pretest posttest control group design yaitu terdapat dua kelompok yang tidak dipilih secara random baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dengan subyek penelitian berjumlah masing-masing kelas 30 siswa. Data kemampuan berpikir kreatif didapatkan melalui observasi kegiatan belajar, instrumen tes dan angket pembelajaran. Pada variabel hasil belajar diukur melalui instrumen tes berbentuk isian dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik parametrik independent sample t-test. Penelitian ini didasarkan pada pentingnya kemampuan berpikir kreatif dalam indikator berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, keterampilan memperinci dan keterampilan menilai. Hasil belajar yang diteliti yaitu pada aspek kognitif yang meliputi (C1) mengingat, (C2) memahami, (C3) mengaplikasikan, (C4) menganalisis, (C5) mengevaluasi dan (C6) mencipta. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah kreatif karena model ini mampu melibatkan siswa secara aktif dalam kelompok dan melatih kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memahami materi, seiring dengan itu akan meningkatkan hasil belajarnya. Model pembelajaran pemecahan masalah kreatif memiliki enam sintaks yaitu 1) menemukan tujuan, 2) menemukan fakta, 3) menemukan masalah, 4) menemukan ide/gagasan, 5) menemukan solusi, dan 6) menerima temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah kreatif pada kemampuan berpikir kreatif yang dibuktikan dengan adanya peningkatan, 2) ada pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah kreatif pada hasil belajar tematik siswa dengan adanya peningkatan yang signifikan. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung (2,123) > t-tabel (2,0003), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran pemecahan masalah kreatif dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini disebabkan karena pada tahapan dalam model tersebut siswa dilatih berpikir secara kreatif terutama pada tahap idea finding dan fact finding. Pada uji hasil belajar melalui uji hipotesis ini menunjukkan hasil perhitungan t-hitung (4,995) > t-tabel (2,0003), dengan ini ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran PMK berpengaruh pada hasil belajar siswa dengan sintaks sesuai dengan indikator hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114807

Actions (login required)

View Item View Item