Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model sugesti imajinasi berbantuan media lagu anak-anak dengan video animasi pada siswa kelas V SDN Karangbesuki IV Malang / Vinny Permatasari Kosasih

Kosasih, Vinny Permatasari (2019) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model sugesti imajinasi berbantuan media lagu anak-anak dengan video animasi pada siswa kelas V SDN Karangbesuki IV Malang / Vinny Permatasari Kosasih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kosasih, Vinny Permatasari. 2019.  Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi melalui Model Sugesti Imajinasi Berbantuan Media Lagu Anak-Anak dengan Video Animasi pada Siswa Kelas V SDN Karangbesuki IV Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd, (II) Dr. Sulthoni, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan menulis, karangan narasi, model sugesti imajinasi, lagu anak-anak, video animasi. Salah satu permasalahan belajar yang sering ditemui oleh siswa kelas V SDN Karangbesuki IV Malang adalah rendahnya keterampilan mereka dalam menulis karangan narasi. Penyebabnya adalah siswa sulit menemukan ide dan kurang memahami langkah menulis karangan. Maka dari itu, diberikan sebuah solusi berupa penerapan model sugesti imajinasi berbantuan media lagu anak-anak dengan video animasi untuk memecahkan masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis proses pembelajaran menulis karangan narasi melalui model sugesti imajinasi berbantuan media lagu anak-anak dengan video animasi, (2) mengukur hasil peningkatan keterampilan menulis karangan narasi setelah diterapkan model sugesti imajinasi berbantuan media lagu anak-anak dengan video animasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan berhenti pada pertemuan pertama di siklus 3. Masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti berperan sebagai perencana tindakan, observer, dan berkolaborasi dengan guru kelas sebagai praktikan pembelajaran. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V SDN Karangbesuki IV sejumlah dua puluh tujuh siswa yang terdiri dari tujuh belas siswa laki-laki dan sepuluh siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian atau paparan data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran menulis pada penelitian ini dilaksanakan dengan tiga tahap, yaitu tahap pramenulis, menulis, dan pascamenulis. Hasil yang diperoleh adalah ada peningkatan nilai keterampilan menulis narasi siswa. Nilai rata-rata keterampilan menulis narasi siklus 1 sebesar 69,3 dan meningkat pada siklus 2 menjadi 75,4, tetapi ketuntasan klasikal belum mencapai 75%. Pada siklus 3, nilai meningkat menjadi 80,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 81,5%. Siswa sudah mampu mengembangkan ide dan menyusunnya dengan alur yang runtut, seperti mampu mengenalkan tokoh, memunculkan konflik, konflik memuncak, dan menyelesaikan masalah dengan memasukkan amanat cerita. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tindakan penelitian mampu meningkatkan keterampilan siswa kelas V SD dalam menulis karangan narasi. Manfaat pengetahuan dan informasi yang diperoleh, khususnya bagi guru SD, seperti (1) persiapan perangkat pembelajaran dengan baik dan maksimal, (2) berpedoman pada tiga tahapan utama dalam menulis, (3) pengorganisasian waktu yang baik, (4) membiasakan siswa mengorganisasikan gagasan melalui tulisan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114806

Actions (login required)

View Item View Item