Model mental empiris dan konsistensi ilmiah siswa kelas V SD pada muatan IPA melalui pembelajaran berbasis masalah / Bunga Septria Vionita - Repositori Universitas Negeri Malang

Model mental empiris dan konsistensi ilmiah siswa kelas V SD pada muatan IPA melalui pembelajaran berbasis masalah / Bunga Septria Vionita

Vionita, Bunga Septria (2019) Model mental empiris dan konsistensi ilmiah siswa kelas V SD pada muatan IPA melalui pembelajaran berbasis masalah / Bunga Septria Vionita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Vionita Bunga Septria. 2019. Model Mental Empiris dan Konsistensi Ilmiah Siswa Kelas V SD Pada Muatan IPA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci Model Mental Empiris Konsistensi Ilmiah IPA Pembelajaran Berbasis Masalah Model mental empiris dan konsistensi ilmiah merupakan variabel yang hingga saat ini masih terbatas sehingga diperlukan kajian yang lebih komprehensif dan mendalam untuk mengetahui proses perubahan atau perkembangan model mental dan konsistensi ilmiah. Kajian model mental dan konsistensi ilmiah sudah dilakukan oleh beberapa peneliti namun belum ada yang melakukan penelitian model mental empiris dan konsistensi ilmiah muatan IPA di sekolah dasar yang difokuskan pada materi perubahan wujud benda melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Pendekatan penelitian ini menggunakan mixed methods dengan embedded experimental model. Subjek penelitian ini adalah kelas VA dan VB yang berjumlah 64 siswa di SDN Bandungrejosari 3 Malang. Instrumen untuk mengukur model mental empiris yaitu soal uraian dan konsistensi ilmiah menggunakan soal pilihan ganda dengan tiga representasi yang berbeda yaitu narasi gambar matematis dalam satu indikator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes wawancara dan lembar observasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa setelah pembelajaran melalui PBM siswa mengalami perkembangan yang bervariasi dalam merepresentasikan ide atau pikiran terhadap suatu fenomena. Untuk mengetahui peningkatan nilai pretest-posttest model mental empiris dan konsistensi ilmiah adalah dengan menghitung hasil uji hipotesis menggunakan anacova. Perubahan model mental empiris siswa akan dianalisis juga secara deskriptif dimulai dari tahap pengumpulan data reduksi data pengkodingan data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model mental empiris dan konsistensi ilmiah meningkat. Hasil uji hipotesis model mental empiris melalui anacova yaitu 000 0.05 dan konsistensi ilmiah dengan hasil taraf signifikan 0.000 0.05. Hal ini membuktikan bahwa PBM sangat efektif dalam meningkatkan model mental empiris dan konsistensi ilmiah siswa. Hasil perubahan model mental empiris dapat dilihat dari jumlah kelompok jawaban siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan PBM. Hasil sebelum pembelajaran PBM satu kelas eksperimen memiliki tiga hingga lima kelompok jawaban yang memiliki kemiripan. Hasil setelah pembelajaran PBM dalam satu kelas eksperimen memiliki tiga kelompok jawaban yang artinya model mental siswa secara umum sudah mampu menjawab secara benar dan ilmiah. Hasil ini merekomendasikan bahwa guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivis salah satunya adalah dengan PBM. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperbaiki model mental dan konsistensi ilmiah siswa di tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114804

Actions (login required)

View Item View Item