Pengaruh pembelajaran problem solving dengan think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar tematik tema 9 Kayanya Negeriku kelas IV SDN Percobaan 2 Kota Malang / Nayif Nu'ma Ghoniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran problem solving dengan think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar tematik tema 9 Kayanya Negeriku kelas IV SDN Percobaan 2 Kota Malang / Nayif Nu'ma Ghoniati

Ghoniati, Nayif Nu'ma (2019) Pengaruh pembelajaran problem solving dengan think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar tematik tema 9 Kayanya Negeriku kelas IV SDN Percobaan 2 Kota Malang / Nayif Nu'ma Ghoniati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ghoniati Nayif Nu ma. 2019. Pengaruh Pembelajaran Problem Solving dengan Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas IV SDN Percobaan 2 Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si (II) Dr. M.Ramli M.A. Kata Kunci Pembelajaran Problem Solving Think Pair Share Berpikir Kritis Hasil Belajar. Penelitian ini diawali oleh hasil observasi di SDN Percobaan 2 Kota Malang yang menunjukkan bahwa hasil pembelajaran tergolong rerata rendah di bawah KKM. Pembelajaran menerapkan pembelajaran tematik dengan tanya jawab penugasan dan diskusi. Menyikapi hasil studi pendahulu peneliti menguji pegaruh dengan penerapan Pembelajaran Problem Solving dengan Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan Quasi-experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SDN Percobaan 2 Kota Malang Tahun Ajaran 2018-2019. Sampel dalam penelitian berjumlah 59 siswa dari kelas IV-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VI-A sebagai kelas kontrol. Sampel diambil menggunakan teknik non probability sampling purposive. Data penelitian diambil dari hasil Pre-Test dan Post-Test kelas eksperimen dan kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian sebagai berikut (1) Pada kemampuan berpikir kritis nilai rata-rata hasil Pre-Test kelas eksperimen 64 67 dan kelas kontrol 67 41 dinyatakan tidak terdapat perbedaan pada kemampuan awal siswa sedangkan nilai Post-Test kelas eksperimen 77 83 dan kelas kontrol 68 79 dengan rerata lebih tinggi maka dapat dinyatakan ada perbedaan antara Post-Test kelas eksperimen dan kontrol yang mengartikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran problem solving dengan think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Pada hasil belajar nilai rata-rata hasil Pre-Test kelas eksperimen 59 00 dan kelas kontrol 67 24 sedangkan Post-Test hasil belajar kelas eksperimen 75 00 dan kelas kontrol 62 76. Dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan pada kemampuan hasil belajar awal kelas ekperimen dan kontrol dari hasil Pre-Test dan ada perbedaan antara Post-Test kelas eksperimen dan kontrol yang mengartikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran problem solving dengan think pair share terhadap hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran problem solving dengan think pair share dapat memberikan pengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pembelajaran problem solving dengan think pair share dapat diterapakan pada materi lain karena mampu mengasah kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114803

Actions (login required)

View Item View Item