Romadhonissa, Arsy (2019) Pengembangan buku pencegahan kekerasan seksual untuk siswi kelas V sekolah dasar / Arsy Romadhonissa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Romadhonissa Arsy. 2019. Pengembangan Buku Pencegahan Kekerasan Seksual Untuk Siswi Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. (II) Dr. M. Ramli M.A Kata Kunci buku pencegahan kekerasan seksual kelas V siswi kelas V Kekerasan seksual di usia sekolah dasar sangat memprihatinkan. Kekerasan seksual dapat mengakibatkan trauma hebat yang memiliki efek jangka pendek maupun jangka panjang. Berdasarkan kajian lapangan yang dilakukan dengan wawancara kepada guru informasi yang diperoleh yaitu siswi kelas V SD menjadi korban kekerasan seksual oleh teman sekelasnya yang disebabkan karena siswi tidak peka jika dirinya dilukai oleh orang lain dan siswi tidak tahu harus berbuat apa saat terjadi kekerasan seksual. Hal ini didiukung oleh tidak adanya edukasi penceghan kekerasan seksual oleh orang tua maupun pihak sekolah di SD juga tidak terdapat guru konseling tersendiri yang memberikan pengarahan tentang pencegahan kekerasan seksual dan perilaku yang berbahaya untuk siswinya.Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan buku pencegahan kekerasan seksual yang valid praktis menarik dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ASSURE (2011) dengan tahapan yaitu (1) analisis pembelajar (2) menentukan standard dan tujuan (3) pemilihan strategi teknologi dan materi (4) menggunakan teknologi dan (5) melibatkan partisipasi pembelajar (6) evaluasi dan revisi. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah yaitu SDN 1 Banjararum dan SDN 1 Ardimulyo dengan subjek penelitian terdiri dari ahli materi satu orang ahli media satu orang lima guru dan 52 siswi kelas V SD melalui tahapan tinjauan validasi ahli tinjauan pengguna dari guru dan uji coba pada siswi kelas V. Hasil tinjauan kevalidan produk berdasarkan penilaian ahli media menunjukkan tingkat kevalidan produk yaitu 84% (valid) dan penilaian ahli materi diperoleh 85% (valid). Penilaian produk dari guru dan siswi kelas V yang dilaksanakan pada tahapan tinjauan oleh penggunan dan pelibatan pembelajar menunjukkan tingkat kepraktisan produk yaitu 96% (sangat praktis) dan tingkat kemenarikan produk yaitu 95% (sangat menarik). Keefektifan produk didapatkan dari paper and pencil test pada ranah pengetahuan dengan menggunakan Pre-Experimental Design Tipe One Group Pretest Postest pada kelompok tunggal. Hasil hitung menunjukkan 7 667 2 00758 artinya t hitung t tabel terdapat perbedaan antara pengetahuan siswa sebelum dan sesudah membaca buku pencegahan kekerasan seksual. Jadi buku pencegahan kekerasan seksual dapat meningkatkan pemahaman siswi terhadap upaya pencegahan kekerasan seksual. Buku pencegahan kekerasan seksual dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas sehari-hari sebagai bahan materi bacaan bacaan pengantar untuk masuk pada KD IPA dan PJOK di kelas VI semester satu. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan buku yang dikhususkan untuk siswa laki-laki tentang pengendalian diri (abstinent) untuk mengurangi kekerasan seksual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/114802 |
Actions (login required)
View Item |