Pengaruh model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bululawang Malang / Didit Amir Mahmud

Mahmud, Didit Amir (2019) Pengaruh model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bululawang Malang / Didit Amir Mahmud. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahmud, Didit Amir. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Bululawang Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E., M.Pd. (II) Dr. Ari Sapto, M.Hum. Kata kunci: model pembelajaran, motivasi berprestasi, hasil belajar Model pembelajaran kooperatif membiasakan siswa untuk saling berbagi pengetahuan, tugas dan tanggungjawab. Meninjau dari hasil observasi dan wawancara guru perlu melakukan setting pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk berpartisipasi aktif, sehingga terjadi interaksi dan komunikasi dalam pembelajaran. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe Jigsaw, (2) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe Jigsaw dengan motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Faktorial 2x2. Rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Bululawang Malang tahun pelajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 235 siswa. Subjek penelitian berjumlah 60 siswa, kelas kontrol sebanyak 28 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 32 siswa. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan pada setiap kelompok penelitian. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan bantuan Program SPSS 16.0 for window’s. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe Jigsaw dengan rasio F hitung sebesar 4,162 pada signifikansi probabilitas sebesar 0,046 < 0,05, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dengan rasio F hitung sebesar 108,470 pada signifikansi probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, (3) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe Jigsaw dengan rasio F hitung sebesar 4,162 pada signifikansi probabilitas sebesar 0,046 dengan motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah terhadap hasil belajar dengan rasio F hitung sebesar 4,162 pada signifikansi probabilitas sebesar 0,046 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114801

Actions (login required)

View Item View Item