Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning, direct learning dan gaya berpikir terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 2 Bululawang Kabupaten Malang / Yogik Rahmanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning, direct learning dan gaya berpikir terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 2 Bululawang Kabupaten Malang / Yogik Rahmanto

Rahmanto, Yogik (2019) Pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning, direct learning dan gaya berpikir terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 2 Bululawang Kabupaten Malang / Yogik Rahmanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmanto Yogik. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Direct Lerning dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Kelas VIII SMPN 2 Bululawang Kabupaten Malang. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M. (II) Prof. Dr.Sumarmi M.Pd. Kata Kunci model problem based learning model direct learning gaya berpikir hasil belajar Penelitian ini bertujuan mengkaji (1) ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang dibelajarkan dengan model Direct Learning kelas VIII SMPN 2 Bululawang Kab. Malang (2) Ada perbedaan belajar IPS siswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan konvergen kelas VIII SMPN 2 Bululawang Kab. Malang (3) Ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 2 Bululawang Kab. Malang. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen berdesain faktorial 2x2. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F dan VIII G SMPN 2 Bululawang Kab. Malang tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 231 siswa yang terbagi menjadi 8 kelas. Fokus penelitian pada 2 kelas yaitu kelas VIII F dan kelas VIII G berjumlah 28 siswa pada VIII F dan kelas VIII G 27 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan diundi perkelas yang menghasilkan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan angket untuk membedakan gaya berpikir siswa dan tes hasil belajar yang dilakukan setelah pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis varian (ANOVA) dua jalur 2x2 dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dan siswa yang dibelajarkan dengan model Direct Learning di kelas VIII SMPN 2 Bululawang Kabupaten Malang (2) Ada perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya berpikir konvergen dan berpikir divergen di kelas VIII SMPN 2 Bululawang Kabupaten Malang (3) Ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas VIII SMPN 2 Bululawang Kabupaten Malang. Hasil statistik deskriptif menunjukkan skor rata-rata kelompok esperimen siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning sebesar (85 74) lebih tinggi daripada kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct learning sebesar (77 19) dan terdapat skor rata-rata siswa yang memiliki gaya berpikir divergen (88 18) lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki gaya berpikir konvergen (74 74). Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut disarankan agar guru mampu menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan Direct Learning (DL) dengan memperhatikan gaya berpikir siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114800

Actions (login required)

View Item View Item