Pengaruh strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring (REACT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan self-esteem siswa SD / Titin Risanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring (REACT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan self-esteem siswa SD / Titin Risanti

Risanti, Titin (2019) Pengaruh strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring (REACT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan self-esteem siswa SD / Titin Risanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ringkasan Risanti Titin. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Relating Eksperiencing Applying Cooperating and Transferring (React) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Esteem Siswa SD. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (2) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si Kata Kunci strategi REACT berpikir kritis self esteem Kemampuan berpikir kritis dan self esteem adalah dua hal yang sangat penting untuk dikembangkan pada anak usia sekolah dasar. Kemampuan berpikir kritis akan membantu siswa cermat dan tanggap dalam mengambil keputusan dapat berpikir secara mendalam tentang suatu permasalahan dan menjadikan anak lebih kreatif sedangkan self esteem merupakan penilaian positif dan negatif seorang siswa pada dirinya sendiri yang berkaitan dengan tingkat kepercayaan diri. Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self esteem siswa adalah dengan menerapkan Strategi REACT di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan berpikir kritis dan self esteem siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pelaksanaan penelitian ini melibatkan dua kelompok kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Pembelajaran menggunakan Strategi REACT dilakukan pada kelas eksperimen sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sebelum diberikan perlakuan kedua kelas diberikan pretest dan setelah perlakuan kedua kelas diberikan soal posttest. Seluruh siswa kelas IV di SDN Srengat 03 berjumlah 40 anak sebagai subjek penelitian. Instrument yang digunakan yaitu soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan angket tertutup untuk self esteem. Analisis data menggunakan uji anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi REACT memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan self esteem siswa SD. Pengaruh strategi REACT dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji anacova. Hasil pengujian kemampuan berpikir kritis diperoleh hasil nilai sig. 0 000

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114799

Actions (login required)

View Item View Item