Pengaruh model problem based learning berbantuan multimedia terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar muatan IPS siswa kelas V SD / Devi Tri Lukitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem based learning berbantuan multimedia terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar muatan IPS siswa kelas V SD / Devi Tri Lukitasari

Lukitasari, Devi Tri (2019) Pengaruh model problem based learning berbantuan multimedia terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar muatan IPS siswa kelas V SD / Devi Tri Lukitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lukitasari Devi Tri. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si (2) Prof. Dr. Mohammad Zainuddin M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning keterampilan berpikir kritis hasil belajar. Pembelajaran IPS memiliki tujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang komprehensif yang menjadikan pelajaran yang kokoh dan berbasis pada pembelajaran yang bermakna. Selain itu dalam IPS siswa juga harus bisa belajar berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir melalui proses untuk memutuskan sesuatu hal dengan berbagai alasan yang diyakini benar dan modal bagi siswa untuk memecahkan suatu masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran yang bermakna adalah model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh model PBL berbantuan multimedia terhadap keterampilan berpikir kritis muatan IPS siswa kelas V SD dan (2) pengaruh model PBL berbantuan multimedia terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas V SD Penelitian ini menggunakan rancangan peneltian quasi experiment. Terdapat dua kelompok dalam penelitian ini yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Subjek penelitian ini yaitu kelas V-A berjumlah 36 siswa yang merupakan kelompok kelas kontrol dan kelas V-B berjumlah 36 siswa yang merupakan kelompok kelas eksperimen pada SDN Mulyorejo 3 Malang semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Data penelitian berupa hasil belajar siswa dan dan keterampilan berpikir kritis siswa. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji beda (independent sample t test). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS for windows versi16. Instrumen tes yang digunakan tes tulis berupa soal uraian. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t test menunjukkan tingkat signifikansi atau probabilitas sebesar 0 003 atau p 0 05 artinya terdapat pengaruh signifikan untuk keterampilan berpikir kritis siswa. Sedangkan untuk hasil belajar siswa menunjukkan nilai signifkasi sebesar 0 000 atau p 0 05 yang dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia pada kelas V SD terhadap kemampuan berpikir kritis. Hasil rata-rata dari kelompok yang diberikan model PBL sebanyak 14 2 sedangkan untuk kelompok yang tidak diberikan model PBL ialah 12 4 (2) terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia pada kelas V SD terhadap hasil belajar siswa. Kedua kelas mengalami peningkatan dalam posttest hasil belajar akan tetapi rata-rata skor masih tinggi dalam kelas yang diajarkan model PBL yaitu sebesar 80. Karena terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas yang dibelajarkan model PBL dan kelas yang tidak maka disarankan guru menggunakan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa memecahkan masalah dengan baik serta siswa mampu memahami materi lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114796

Actions (login required)

View Item View Item