Kompetensi pedagogik dan kinerja guru di SDN Banyuajuh 02 Kamal-Madura / Saraya Faridah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kompetensi pedagogik dan kinerja guru di SDN Banyuajuh 02 Kamal-Madura / Saraya Faridah

Faridah, Saraya (2019) Kompetensi pedagogik dan kinerja guru di SDN Banyuajuh 02 Kamal-Madura / Saraya Faridah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Saraya Faridah. 2019. Kompetensi Pedagogik dan Kinerja Guru di SDN Banyuajuh 02 Kamal - Madura. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W M.A M.Si (2) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata kunci kompetensi pedagogik dan kinerja guru Fenomena pada saat observasi awal di SDN Banyuajuh 02 Kamal yaitu terdapat guru prestasi di sekolah tersebut dan ada beberapa siswa yang berprestasi sampai tingkat provinsi. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas mengalami kesulitan antara lain (1) dalam pengembangan RPP (2) penilaian otentiknya (3) ada sebagian guru yang hanya menggunakan media pembelajaran yang ada di sekolah dan tidak mengembangkannya serta (4) kurangnya pengayaan oleh sebagian guru. Penelitian ini bertujuan mengetahui kompetensi pedagogik dan kinerja guru yang dimiliki oleh guru dalam pengelolaan pembelajaran di SDN Banyuajuh 02 Kamal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data dari Miles and Huberman. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Banyuajuh 02 Kamal Madura yang beralamatkan di Jalan Salak III/no.15 Kecamatan Kamal Bangkalan 69162 Propinsi Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Banyuajuh 02 Kamal adalah sekolah negeri yang mempunyai prestasi akademik dan non-akademik dengan lulusan cukup tinggi. Tidak hanya peserta didiknya saja yang memiliki prestasi melainkan beberapa guru juga memiliki prestasi. SDN Banyuajuh 02 Kamal telah menerapkan Kurikulum 2013. Berdasarkan temuan penelitian kompetensi pedagogik dan kinerja guru di SDN Banyuajuh 02 Kamal memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pembelajaran pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dan kinerja guru menunjukkan (1) Kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran di SDN Banyuajuh 02 Kamal sudah masuk dalam kategori baik. Dapat ditinjau dalam hal yang dilakukan guru telah berpedoman pada kurikulum dan silabus. Dalam perencanaan pembelajaran tersebut memuat analisis materi pembelajaran yang di dalamnya memuat tentang standar kompetensi kompetensi dasar indikator dan materi pokok. (2) Kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran di SDN Banyuajuh 02 Kamal disimpulkan hasilnya masuk dalam kategori baik dikarenakan dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diajukan saran kepada guru agar dapat lebih berperan dalam proses pembelajaran dikelas serta menerapkan aturan yang berlaku dalam pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum untuk peningkatan kualitas sekolah. Bagi peneliti agar dapat melakukan lebih jauh tentang kompetensi pedagogik dan kinerja guru pada pembelajaran disekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114794

Actions (login required)

View Item View Item