Peran tripusat pendidikan pada perkembangan moral siswa SD di lingkungan eks lokalisasi Kabupaten Tulungagung / Rona Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran tripusat pendidikan pada perkembangan moral siswa SD di lingkungan eks lokalisasi Kabupaten Tulungagung / Rona Wahyuningsih

Wahyuningsih, Rona (2019) Peran tripusat pendidikan pada perkembangan moral siswa SD di lingkungan eks lokalisasi Kabupaten Tulungagung / Rona Wahyuningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih Rona. 2019. Peran Tripusat Pendidikan Pada Perkembangan Moral Siswa SD Di Lingkungan Eks Lokalisasi Kabupaten Tulungagung. Tesis. Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci Tripusat Pendidikan Perkembangan Moral Bekas Lokalisasi. Perkembangan moral individu tidak terbentuk dengan sendirinya namun dibentuk juga oleh lingkungan tempat tinggal. Berkembangnya teknologi dan zaman menambah banyak tantangan dalam perkembangan moral anak. Rasa ingin tahu yang semakin besar menjadikan anak terus mencari jawaban dari rasa penasarannya. Tantangan ini dialami di semua lingkungan sekitar anak. tidak hanya dari segi eksternal namun juga internal. Tantangan besar di lingkungan normal sudah cukup kuat dapat diperkirakan di lingkungan bekas lokalisasi tantangan juga cukup besar. Fokus penelitian ini digunakan untuk melihat seberapa besar peran lingungan keluarga lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah pada perkembangan moral anak terutama di bekas lokalisasi Ngujang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2019 di SDN II Ngujang yang berlokasi di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung dengan 2 subjek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus. Karya tulis ini bertujuan untuk melihat peran tripusat pendidikan pada perkembangan moral anak di lingkungan bekas lokalisasi. Pengumpulan data dimulai dari observasi wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan di lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat. Begitu pula dengan wawancara dan dokumentasi dilakukan pada lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat dari subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa individu yang tinggal di lingkungan bekas lokalisasi tidak selalu bersikap negatif. Namun individu tersebut memiliki pencapaian perkembangan yang sedikit berbeda dengan teman seusianya yang berada di lingkungan normal. Tidak lengkapnya peran tripusat pendidikan yang diberikan kepada anak menjadikan permasalahan baru dalam perkembangn moral anak. Permasalahan tersebut adalah merokok di usia remaja sopan santun yang tidak dihiraukan alat pengaman dan seks bebas di usia dini. Saat ini dari pihak internal atau eksternal berusaha semampunya untuk mengiring kembali anak agar tidak terlalu jauh masuk dalam permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114793

Actions (login required)

View Item View Item