Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas V SDN Blimbing 1 Kota Malang / Rizky Tyas Aria Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas V SDN Blimbing 1 Kota Malang / Rizky Tyas Aria Kurniasari

Kurniasari, Rizky Tyas Aria (2019) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas V SDN Blimbing 1 Kota Malang / Rizky Tyas Aria Kurniasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurniasari Rizky Tyas Aria. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas V SDN Blimbing 1 Kota Malang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koeshandayanto M. Si. (II) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd Kata kunci model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan HOTS Pembelajaran yang telah dilaksanakan di sekolah dasar saat ini adalah pembelajaran tematik yang berdasarkan kurikulum 2013. Pada kurikulum ini memberikan tantangan kepada seluruh siswa agar dapat bersaing dan berkompetisi di era global. Siswa harus dapat menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) di era gloal ini. Mengajarkan keterampilan Higher Order Thinking Skills (HOTS) saat ini menjadi pusat perhatian pendidikan. Secara umum ukuran pemikiran tingkat tinggi mencakup semua tugas intelektual yang menuntut lebih dari sekadar pengambilan informasi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan antara kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skillls) pada pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran menggunakan model konvensional. Berdasarkan rumusan masalah di atas penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian quasi experiment dengan menggunakan desain nonequivalent group design yang bertujuan mengungkap adanya perbedaan antara variabel model pembelajaran PBL dan model pembelajatan konvensional dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada siswa kelas V SDN Blimbing 1 Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V semester I di SDN Blimbing 1 tahun pelajaran 2018-2019. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah instrument perlakuan dan instrument pengukuran. Instrumen perlakuan tetrdiri dari silabus dan RPP sedangkan instruen pengukuran menggunakan tes berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan ANCOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan guru sudah cukup sesuai dengan sintaks model pembelajaran PBL dengan terdapat perbedaan pada skor penilaian post-test Higher Order Thinking Skills pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) kepada kepala Dinas Pendidikan untuk mengadakan workshop tentang penggunaan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran dengan menggunakan model PBL ke sekolah-sekolah guna kebutuhan pendidikan di masa yang akan datang agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik (2) kepada KEpala Sekolah SDN Blimbing 1 untuk kepala sekolah mengadakan sosialisai dan kegiatan sharing dengan guru untuk melakukan kegiatan evaluasi tentang kesulitan guru tentang Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang merupakan pusat perhatian pendidikan di masa kini (3) kepada guru SDN Blimbing 1 untuk menggunakan model pembelajaran PBL untuk meningkatakan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa secara terus menerus agar dapat melatih kemampuan berpikir siswa serta dapat mengkolaborasi dengan model pembelajaran lain dan menggunakan media media pembelajaran yang tidak hanya terdiri dari 1 jenis dan (4) untuk peneliti selanjutnya untuk dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai eksperimen menggunakan model PBL pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan memperhatikan banyaknya sampel pada tiap kelas guna kelancaran dan menggunakan media pembelajaran konkrit lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114792

Actions (login required)

View Item View Item