Burhan, Nurmala Sari (2019) Gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar Tanjung Redeb / Nurmala Sari Burhan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Burhan Nurmala Sari. 2019. Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Tanjung Redeb. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurchasanah M. Pd. (2) Dr. H. Imam Agus Basuki M.Pd. Kata Kunci Gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan GLS tahap pengembangan GLS tahap pembelajaran GLS faktor penghambat dan pendukung GLS. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan gerakan litersi sekolah di Sekolah Dasar Tanjung Redeb. Sekolah yang dipilih dalam penelitian ini meliputi SDN 002 Tanjung Redeb SDN 004 Tanjung Redeb dan SDIT Ash-Shohwa karena SD tersebut telah menerapkan kebijakan gerakan literasi sekolah. Penerapan terlihat dari sarana dan prasarana yang menunjang GLS di masing-masing sekolah. Oleh karena itu fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) pembiasaan (2) pengembangan (3) pembelajaran dan (4) faktor penghambat dan pendukung dalam gerakan literasi sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif studi multi situs. Rancangan studi multi situs adalah suatu rancangan penelitian kualitatif yang melibatkan beberapa situs tempat dan subjek penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan tiga situs sebagai subjek penelitian. Data yang dikumpulkan berupa pelaksanaan gerakan literasi sekolah pada tahap pembiasaan pengembangan pembelajaran dan faktor penghambat dan pendukung. Sumber data penelitian meliputi kepala sekolah guru kelas/wali kelas siswa dan pengelola perpustakaan. Pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan analisis data situs tunggal dilanjutkan dengan analisis data lintas situs. Prosedur analisis situs tunggal dilakukan dengan penyajian data reduksi data dan penarikan kesimpulan. Prosedur analisis lintas situs dilakukan dengan mencari temuan sementara lintas situs dengan metode induksi analitik modifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan GLS di SD Tanjung Redeb mengacu pada tiga tahap yaitu tahap pembiasaan pengembangan dan pembelajaran. Tahap pembiasaan dilaksanakan dengan menyediakan sarana dan prasarana literasi memilih buku bacaan untuk literasi literasi sebelum pembelajaran dengan kegiatan membaca dan menulis membuat lingkungan sekolah kaya akan teks dan melibatkan publik. Tahap pengembangan dilaksanakan dengan melaksanakan kegiatan membaca dalam hati dan membaca nyaring melakukan diskusi berupa tanya jawab dan memanfaatkan perpustakaan dan sudut baca untuk kegiatan membaca pada jam istirahat atau waktu senggang. Tahap pembelajaran dilakukan dengan menggunakan buku pengayaan ketika terdapat relevansi dengan materi yang dajarkan menerapkan strategi membaca dalam pembelajaran dan membuat karya berbasis teks. Selain ketiga tahap tersebut terdapat faktor penghambat dan pendukung GLS di sekolah. Faktor penghambat GLS meliputi sarana dan prasarana perpustakaan buku cerita di pojok baca kelas minim pengetahuan warga sekolah terkait GLS masih kurang tenaga kerja perpustakaan minim dan kemampuan membaca siswa kurang. Sedangkan faktor pendukung GLS meliputi pengalokasian dana BOS untuk kegiatan literasi dukungan dari perpustakaan daerah dukungan dari orang tua wali murid hingga dukungan penuh dari pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/114791 |
Actions (login required)
View Item |