Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bunulrejo 1 Kota Malang / Rurin Zahrotun Nisa'i Nur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bunulrejo 1 Kota Malang / Rurin Zahrotun Nisa'i Nur

Nur, Rurin Zahrotun Nisa'i (2019) Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bunulrejo 1 Kota Malang / Rurin Zahrotun Nisa'i Nur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ringkasan Nur Rurin Zahrotun Nisa i. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Bunulrejo 1 Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. (2) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd Kata kunci Project Based Learning Keterampilan Proses Sains Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Bunulrejo 1 ditemukan fakta saat pembelajaran masih kurangnya keterampilan proses sains siswa. Terlihat guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA. Kurangnya keterampilan proses sains siswa berpengaruh pada rendahnya hasil belajar muatan IPA.Pembelajaran IPA diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui proes secara ilmiah. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang sangat diperlukan dalam pembelajaran IPA. Seperti yang tercantum pada kurikulum 1984 dan kurikulum 1994 bahwa keterampilan proses sains sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA. Salah satu perubahan yang inovatif untuk mencapai keterampilan proses sains dan hasil belajar dapat dilakukan dengan model pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran project based learning. Hal ini dikarenakan pembelajaran project based learning melibatkan siswa secara sistematis untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memecahkan masalah dan merancang produk. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan proses sains 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV A dan siswa IV C SDN Bunulrejo 1 Malang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster sampling. Instrumen soal hasil belajar muatan IPA berupa 20 soal pilihan ganda dengan reliabilitas 0 912 memiliki kriteria tinggi. Instrumen keterampilan proses sains berupa rubrik yang memiliki 6 indikator yaitu observasi mengklasifikasi memprediksi mengukur eksperimen dan menyimpulkan. Hasil penelitian 1) terdapat pengaruh yang signifikan pada keterampilan proses sains siswa di kelas IV SDN Bunulrejo 1. Pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebanyak 8 9 dibandingkan dengan kelas kontrol terdapat peningkatan sebanyak 3.15 2) terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa muatan IPA dengan nilai rata-rata belajar kelas eksperimen lebih tinggi (Mean 83 783 SE 1.512) dibandingkan dengan kelas kontrol (Mean 69.550 SE 1.512). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114790

Actions (login required)

View Item View Item