Pengaruh penggunaan media video dalam pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis siswa sekolah dasar / Betty Minayu Putri

Putri, Betty Minayu (2019) Pengaruh penggunaan media video dalam pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis siswa sekolah dasar / Betty Minayu Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, Betty. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1): Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd (2) Dr. Sentot Kusairi, S.Pd, M. Si. Kata kunci: Video, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Keterampilan Menulis Siswa terampil menulis jika siswa dapat menyusun rangkaian kata menjadi sebuah kalimat. Kesulitan siswa dalam merangkai kata menjadi kalimat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah siswa tidak mengetahui langkah-langkah penulisan yang baik. Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan menggunakan media video menjadi salah satu alternatif yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan siswa. Pembelajaran CIRC dipilih karena pembelajaran ini mampu melibatkan siswa secara aktif dalam kelompok dan melatih keterampilan menulis dengan cara berdiskusi. Sementara media video dipilih karena media pembelajaran ini dapat mempemudah pembelajaran CIRC, dimana kemudahan tersebut terletak pada peningkatan kebiasaan menulis siswa dan kinerja siswa selama proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh penggunaan media video dalam pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis siswa kelas V sekolah dasar, 2) mengetahui perbedaan keterampilan menulis siswa yang diajar dengan pembelajaran CIRC dan CIRC menggunakan media video di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperimenal Design dengan bentuk Nonequivalent control grup design, yaitu terdapat dua kelas yang tidak dipilih secara random baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol, dengan subjek berjumlah 54 siswa. Data keterampilan menulis dikumpulkan dengan instrumenn tes menulis. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik Paired sample t test serta Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran CIRC dengan menggunakan media video terhadap keterampilan menulis siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa, dimana peningkatan tersebut terletak pada rata-rata nilai pre-test lebih rendah daripada rata-rata nilai posttest siswa pada kelas yang menerapkan pembelajaran CIRC menggunakan media video. Hasil lain menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang diajar dengan menerapkan pembelajaran CIRC dan pembelajaran CIRC menggunakan media video terhadap keterampilan menulis siswa. Hal ini didukung dengan nilai selisih nilai skor antara kedua kelas memperoleh perbedaan yang signifikan. Dari kedua temuan tersebut dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) ada pengaruh penggunaan media video dalam pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis siswa kelas V sekolah dasar, 2) ada perbedaan keterampilan menulis siswa yang diajar dengan pembelajaran CIRC dan pembelajaran CIRC dengan menggunakan media video.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114787

Actions (login required)

View Item View Item