Pengaruh strategi Question Answer Relationship (QAR) terhadap kemampuan membaca pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN Percobaan 2 Kota Malang / Pratiwi Reza Oktavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi Question Answer Relationship (QAR) terhadap kemampuan membaca pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN Percobaan 2 Kota Malang / Pratiwi Reza Oktavia

Oktavia, Pratiwi Reza (2019) Pengaruh strategi Question Answer Relationship (QAR) terhadap kemampuan membaca pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN Percobaan 2 Kota Malang / Pratiwi Reza Oktavia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktavia Pratiwi Reza. 2019. Pengaruh Strategi Question Answer Relationship (QAR) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Percobaan 2 Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Utami Widiati M. A. Ph. D (2) Prof. Bambang Budi Wiyono M. Pd. Kata Kunci strategi QAR kemampuan membaca pemahaman keterampilan berpikir kritis Pendidikan era abad XXI menuntut adanya persaingan ketat penguasaan berbagai kompetensi dan keterampilan. Keterampilan yang dimaksud diantaranya keterampilan berpikir kritis komunikasi dan kolaborasi. Berpikir kritis dapat diajarkan pada saat pembelajaran dilakukan sedangkan komunikasi dan kolaborasi dapat dikembangkan diantaranya melalui pembelajaran Bahasa Indonesia dimana terdapat membaca pemahaman untuk menggali informasi yang tidak hanya terfokus pada teks tetapi juga meluas pada topik bacaan yang dibaca. Adapun salah satu strategi alternatif untuk melatih siswa membaca pemahaman sekaligus berpikir kritis yaitu dengan strategi Question Answer Relationship (QAR). Strategi ini digunakan untuk menghubungkan pertanyaan dengan jawaban melalui jenis tingkatan pertanyaannya. Strategi QAR bertujuan untuk mengajarkan siswa supaya dapat fokus terhadap bacaan dan mendorong siswa menguraikan informasi dengan menghubungkan pengalaman yang pernah dialami siswa. Penelitian ini ditujukan untuk mengkaji (1) adanya perbedaan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Percobaan 2 Kota Malang yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi QAR dan (2) adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas V SDN Percobaan 2 Kota Malang yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi QAR. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V SDN Percobaan 2 Kota Malang tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa seluruhnya yaitu 115 siswa. Fokus sampel penelitian yang digunakan meliputi kelas VC sebagai kelas eksperimen dan kelas VD sebagai kelas kontrol dengan jumlah 53 siswa. Pemilihan sampel didasarkan atas saran dari kepala sekolah dan guru di SDN Percobaan 2 Kota Malang. Pengumpulan datanya dengan tes membaca pemahaman dan keterampilan berpikir kritis setelah pembelajaran. Teknik analisisnya menggunakan independent t-test dengan menggunakan program SPSS 24 0. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman pada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi QAR dan (2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis pada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi QAR. Hasil uji hipotesis menunjukkan pada tes kemampuan membaca pemahaman diperoleh rata-rata kelompok eksperimen 11 100 dan rata-rata kelompok kontrol 12 130 serta diperoleh nilai t hitung 2 250 dan signifikansi 0 029. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan (p 0 05) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap hasil tes. Sedangkan pada keterampilan berpikir kritis diperoleh rata-rata kelompok eksperimen 15 200 dan rata-rata kelompok kontrol 13 304 serta diperoleh nilai t hitung 2 803 dan signifikansi 0 007. Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan (p 0 05) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap hasil tes. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu strategi QAR dapat digunakan untuk melatih siswa membaca pemahaman dan berpikir kritis karena terbukti secara uji statistik memberikan pengaruh terhadap skor siswa. Akan tetapi strategi QAR dapat diterapkan secara maksimal untuk melatih berpikir kritis dari pada membaca pemahamannya. Hal ini mungkin dikarenakan strategi QAR akan lebih maksimal hasilnya apabila digunakan untuk melatih membaca pemahaman dengan tingkatan kelas yang jenjangnya lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114785

Actions (login required)

View Item View Item