Penerapan pembelajaran model induktif kata bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Inpres Oepura 2 Kupang / Angelina C.O.R. Lake

Lake, Angelina C.O.R. (2019) Penerapan pembelajaran model induktif kata bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Inpres Oepura 2 Kupang / Angelina C.O.R. Lake. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lake, Angelina C. O. R. 2019. Penerapan Pembelajaran Model Induktif Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres Oepura 2 Kupang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd, (2) Dr. Furaidah, M.A. Kata kunci: model induktif kata bergambar, keterampilan membaca permulaan Pembelajaran membaca terbagi atas dua, yaitu membaca permulaan di kelas I dan II, dan membaca lanjut untuk kelas III sampai kelas VI. Siswa di sekolah dasar kelas I masih mengalami kesulitan saat membaca, yaitu kesulitan dalam mengucapkan huruf, kata, dan kalimat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran membaca permulaan yaitu model induktif kata bergambar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas I SD Inpres Oepura 2 Kupang, diketahui bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa menggunakan model induktif kata bergambar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas I dengan jumlah 23 orang yang terdiri atas 12 siswa dan 11 siswi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Oepura 2 Kupang, Kota Kupang, Provinsi NTT pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi kegiatan siswa, panduan wawancara, rubrik penilaian membaca permulaan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Evaluasi dilakukan terhadap keterlaksanaan kegiatan siswa dalam proses pembelajaran serta keterampilan membaca permulaan siswa menggunakan model induktif kata bergambar. Proses pembelajaran membaca permulaan menggunakan model induktif kata bergambar yang dilaksanakan meliputi tahap, yaitu (1) menyajikan gambar di papan tulis, (2) mengidentifikasi gambar, (3) menggambar garis yang menghubungkan gambar dan kata, (4) membaca kata, (5) mengklasifikasi gambar, dan (6) membaca kalimat. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan siswa serta keterampilan membaca permulaan siswa menggunakan model induktif kata bergambar mengalami peningkatan dari Siklus 1 hingga Siklus 3. Rerata persentase kegiatan siswa, yaitu 59,54%, 72,58%, 83,33%, sedangkan rerata persentase hasil keterampilan membaca permulaan siswa, yaitu 50,85%, 61,96%, 76,45%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca permulaan menggunakan model induktif kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres Oepura 2 Kupang. Saran yang disampaikan terkait dengan simpulan penelitian sebagai berikut. Pertama, disarankan kepada guru untuk menggunakan model induktif kata bergambar sebagai salah satu model dalam pembelajaran membaca permulaan. Kedua, disarankan kepada peneliti lainnya untuk mengembangkan strategi pembelajaran membaca permulaan yang berbasis gambar dan kegiatan induktif lainnya yang lebih mendalam dengan menambahkan aspek lainnya yang dianggap penting untuk dikaji dalam membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114783

Actions (login required)

View Item View Item