Peningkatan keterampilan berwawancara dengan menggunakan model pembelajaran think, pair. share pada siswa kelas IV sekolah dasar / Friska Ayu Lia Yulanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berwawancara dengan menggunakan model pembelajaran think, pair. share pada siswa kelas IV sekolah dasar / Friska Ayu Lia Yulanda

Yulanda, Friska Ayu Lia (2019) Peningkatan keterampilan berwawancara dengan menggunakan model pembelajaran think, pair. share pada siswa kelas IV sekolah dasar / Friska Ayu Lia Yulanda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yulanda Friska Ayu Lia. 2019. Peningkatan Keterampilan Berwawancara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd (II) Dr. Supriyono Koeshandayanto M.Pd. M.A. Kata Kunci keterampilan berwawancara model pembelajaran Think Pair Share Keterampilan berwawancara mampu membantu siswa untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan melalui narasumber. Keterampilan berwawancara juga merupakan keterampilan yang harus dikuasi siswa karena terdapat dalam kurikulum 2013 pada muatan bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil observasi tanggal 3 September 2018 menunjukkan bahwa keterampilan berwawancara siswa berkualifikasi rendah karena terdapat 12 dari 15 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM 70. Siswa kesulitan dalam menyusun daftar pertanyaan yang bervariasi kurang percaya diri saat melakukan wawancara saat berbicara menunduk dan tidak memandang mata narasumber intonasi dan lafalnya juga rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut guru membutuhkan teman sejawat untuk mengatasi permasalahan yang muncul. Penelitian yang dibutuhkan yaitu penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian tindakan yaitu siswa kelas IV SDN Dukuharum Jombang yang berjumlah 15 siswa. Metode penelitian dilakukan dua siklus yang terdiri atas beberapa tahap meliputi planning doing observation and reflection. Pada penelitian ini data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan hasil pengamatan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think. Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berwawancara siswa kelas IV SDN Dukuharum Jombang.Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan berwawancara siswa dari aspek kebahasaan maupun non kebahasaan. Rerata nilai siswa pada pratindakan sebesar 33% pada siklus I sebesar 70 5% meningkat menjadi 77 2% pada siklus II. Terdapat peningkatan pada setiap aspek berwawancara aspek intonasi siklus I rata-rata 3 4 menjadi 3 7 aspek lafal 3 5 menjadi 3 6 aspek pemilihan kata 3 7 menjadi 3 85 aspek kalimat tanya 3 2 menjadi 3 9 Aspek non kebahasaan meliputi aspek kelancaran 3 7 menjadi 3 9 aspek kesantunan 3 4 menjadi 3 85 aspek keberanian 3 7 menjadi 3 95. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share menjadikan keterampilan berwawancara siswa kelas IV SDN Dukuharum Jombang meningkat. Dari simpulan tersebut diberikan saran untuk guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang bervariasi untuk menstimulus siswa agar mampu meningkatkan keterampilan membuat pertanyaan dalam hal persiapan wawancara serta memberikan motivasi dan dukungan positif kepada siswa agar percaya diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114782

Actions (login required)

View Item View Item