Pengembangan instrumen asesmen autentik berbasis proyek pada tema 8 kelas IV sekolah dasar / Risa Listyaningrum

Listyaningrum, Risa (2019) Pengembangan instrumen asesmen autentik berbasis proyek pada tema 8 kelas IV sekolah dasar / Risa Listyaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Listyaningrum, Risa. 2019.  Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Proyek pada Tema 8 Kelas IV SD. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Konsentrasi Guru Kelas, Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd., (2) Dr. Titik Harsiati, M.Pd. Kata Kunci: instrumen asesmen autentik, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran tematik, sekolah dasar. Analisis kebutuhan menunjukkan bahwa buku guru menjadi pedoman utama dalam melaksanakan asesmen autentik. Instrumen asesmen yang disediakan hanya satu dari tiga mata pelajaran, tidak ada kisi-kisi asesmen, instrumen asesmen tidak mudah digunakan, pedoman pemberian skor tidak praktis, dan tidak tersedia instrumen penilaian proyek pada akhir subtema. Pengetahuan dan pemahaman guru tentang asesmen yang kurang mengakibatkan terjadinya subjektivitas pada penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan sebagian besar guru tidak berpedoman pada instrumen asesmen dalam menilai. Tujuan penelitian dan pengembangan ini, yaitu mengembangkan produk berupa instrumen asesmen autentik berbasis proyek yang valid, reliabel, dan praktis serta melakukan uji coba produk berupa instrumen asesmen autentik berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen asesmen autentik dengan model langkah-langkah menurut O`Malley & Pierce (2004:17-19) yaitu (1) membangun sebuah tim, (2) menentukan tujuan dari asesmen autentik, (3) spesifikasi produk, (4) melakukan pengembangan professional pada asesmen autentik, (5) mengkaji penelitian terdahulu mengenai asesmen autentik, (6) mengadptasi asesmen yang ada atau mengembangkan yang baru, (7) mencoba asesmen, dan (8) revisi asesmen. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berasal dari skor hasil penilian ahli asesmen, ahli pembelajaran, dan praktisi. Data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan produk dari ahli asesmen, ahli pembelajaran, dan praktisi. Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini yaitu Buku Tugas Proyek dan Produk Pedoman Penggunaan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Proyek di Tema 8. Produk Buku Tugas Proyek ini digunakan pada Tema 8 Subtema 3. Terdapat 2 tugas proyek yang harus diselesaikan siswa. Produk Pedoman Penggunaan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Proyek di Tema 8 merupakan pedoman guru untuk menggunakan instrumen asesmen autentik berbasis proyek di Tema 8 Subtema 3. Terdiri dari Bab 1 Karakteristik Asesmen Autentik, Bab II Asesmen Autentik Berbasis Proyek, dan lampiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Tugas Proyek sangat layak diimplementasikan. Pertama, kelayakan dari segi validitas isi sebesar 87%, validitas konstruk sebesar 87%, dan kepraktisan sebesar 78%. Produk Pedoman Penggunaan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Proyek di Tema 8 mengacu pada tiga aspek kelayakan. Pertama, kelayakan sasaran pedoman sebesar 83%. Kedua, kelayakan dari segi isi pedoman sebesar 88%. Ketiga, kelayakan dari segi kepraktisan pedoman sebesar 75%. Uji coba di lapangan dilaksanakan untuk mengetahui uji reliabilitas interrater dan hasil tanggapan siswa terhadap kemudahan dan keterbacaan buku tugas proyek. Pertama, hasil tanggapan siswa terhadap kemudahan buku tugas proyek sebesar 75%. Kedua, hasil tanggapan siswa terhadap keterbacaan buku tugas proyek 76%. Hasil uji reliabilitas Nilai Hasil Ranah Pengetahuan yaitu 3 jenis instrumen memperoleh tingkat reliabilitas tinggi dan 11 jenis instrumen memperoleh tingkat reliabilitas sangat tinggi. Hasil reliabilitas ranah keterampilan yaitu 1 jenis instrumen memperoleh tingkat reliabilitas sangat tinggi dan 1 jenis instrumen memperoleh tingkat reliabilitas cukup. Berdasarkan hasil reliabilitas instrumen ranah pengetahuan dan keterampilan sudah dipercaya (reliabel) yang akan menghasilkan data dipercaya pula. Produk instrumen asesmen berbasis proyek ini dikembangkan berdasarkan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013. Meskipun demikian, produk ini dapat diterapkan dalam Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan. Produk ini dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk menilai kemampuan siswa dalam tugas proyek. Guru dapat menggunakan produk instrumen asesmen ini dengan lebih kreatif dan inovatif. Misalnya dengan merancang tugas proyek sesuai dengan daerahnya. Produk ini dapat didesiminasikan pada lingkup KKG, jurnal pendidikan, maupun media sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/114781

Actions (login required)

View Item View Item