Kemampuan membaca pemahaman teks Arab siswa IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan / Makiatul Madaniah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan membaca pemahaman teks Arab siswa IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan / Makiatul Madaniah

Madaniah, Makiatul (2018) Kemampuan membaca pemahaman teks Arab siswa IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan / Makiatul Madaniah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Madaniah Makiatul. 2017. Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Arab Siswa IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nurul Murtadho M.Pd (II) Muhammad Alfan S.Pd. M.Pd. Kata kunci membaca pemahaman teksArab Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan Dalam evaluasi pembelajaran membaca merupakan salah satu indikator kemampuan berbahasa yang harus dimiliki oleh peserta didik. Keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah salah satunya ditentukan oleh penguasaan mereka pada kemampuan membaca (maharah al-qira ah). Lebih spesifik kemampuan tersebut diistilahkan sebagai kemampuan membaca pemahaman yaitu sebuah kemampuan untuk memahami pesan tertulis yang terdiri atas kosakata kalimat dan ide pokok yang sesuai dengan tema bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman teks Arab siswa IPA MAN 2 Pasuruan yang berkaitan dengan pemahaman kosakata kalimat ide pokok paragraf dan topik wacana. Adapun Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Terdapat empat jenis instrumen dalam pengumpulan data yaitu (1) tes (2) wawancara (3) angket dan (4) dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 2 Pasuruan. Berdasakan hasil analisis data diperoleh simpulan sebagai berikut (1) kemampuan siswa dalam membaca pemahaman teks Arab secara umum dikategorikan sedang di mana terdapat 79 37 % siswa mendapat skor standar di atas 55 dengan capaian nilai rata rata sebesar 67.87 (2) Sedangkan secara khusus kemampuan siswa dalam pemahaman kosakata dikategorikan tinggi di mana terdapat 60.32% siswa mendapat skor standar di atas 70 dengan capaian nilai rata rata sebesar 74.43 Kemampuan siswa dalam aspek pemahaman kalimat dikategorikan sedang di mana terdapat 68.25% siswa mendapat skor standar di atas 55 dengan capaian nilai rata rata sebesar 62.70 dan kemampuan siswa dalam aspek pemahaman ide pokok dikategorikan tinggi di mana terdapat 66.7% mendapat skor di atas 70 dengan capaian nilai rata rata sebesar 69.44. Di lain pihak kemampuan siswa dalam pemahaman topik wacana dikategorikan sedang karena terdapat 60% siswa mendapat skor standar di atas 55 dengan capaian nilai rata rata sebesar 59.52.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11477

Actions (login required)

View Item View Item