Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember / Muh. Fatih Ridlwan Zamrani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember / Muh. Fatih Ridlwan Zamrani

Zamrani, Muh. Fatih Ridlwan (2018) Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember / Muh. Fatih Ridlwan Zamrani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zamrani Muh. Fatih R. 2017.PembelajaranBahasa Arab di Madrasah AliyahNegeri 1 Jember.Skripsi JurusanSastra Arab FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HanikMahliatussikkah M.Hum. (II) Ali Ma sum S.Pd. M.A. Kata Kunci Bahasa Arab PembelajaranBahasa Arab Madrasah AliyahNegeri (MAN) 1 Jember. Keberhasilan pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing tidak sekedar bertumpu pada kurikulum akan tetapi juga pada model dan strategi pembelajaran. Guru dituntutproaktifdankreatifdalammenentukanstrategidan media pembelajaransehinggamampumenciptakansuasanapembelajaran yang menarikdantercapainyatujuanpembelajaran.Salah satulembagapendidikan yang terdapatpembelajaranbahasa Arab di Jemberadalah Madrasah AliyahNegeri 1 Jember. Madrasahinimenjadisalahsatutolakukurpembelajaranbahasa Arab di kabupatenJemberdansekitarnya. Tujuanpenelitianiniuntukmendeskripsikan (1) Metodepembelajaranbahasa Arab (2) Media pembelajaranbahasa Arab (3) Upaya guru dalampeningkatankemampuanbahasa Arab siswa.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptifkualitatif. Terdapat empat jenis instrumen dalam pengumpulan data yaitu (1) wawancara (2) angket (3) observasi dan (4) dokumen. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Adapun objekdalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jember. Hasilpenelitianiniadalahmetode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Jemberkurang variatifdanmembosankan. Siswa belumbisamenangkapapa yang disampaikan guru sepenuhnya. Begitujuga strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan kemahiran berbahasa dirasa kurang karena cenderung monoton.Penggunaan bahasa pengantar berbahasa Arab diawal pembelajaran maupun disela-sela pembelajaran cukup menimbulkan efek terhadapperkembangan pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Jember. Fasilitas yang disediakansekolahuntukmenunjangpembelajarantermasukbahasa Arab cukupmenunjangdengantersedianya TV dan LCD-proyektor di setiapkelas.Namunmedia tersebutkurangmendapatkanperhatian. Guru bahasa Arab di MAN 1 Jembermenganggappenggunaan media pembelajarantidakmaksimal. Media yang digunakanhanyabukuteks lembarkerjasiswa (LKS) danpapantulis. Untukmeningkatkankemampuanbahasa Arab siswa guru telahmelakukanbeberapaupayayaitu(1) memberikanpelajarantambahanbagisiswa yang kesulitanmemahamibahasa Arab (2) memintasiswauntukmenghafalkanAmsilatutTashrifiyah (3) menambahhafalankosa-kata (mufrodat) dan (4) membiasakansiswamembacateksbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11475

Actions (login required)

View Item View Item