Pengembangan media pembelajaran fold book sebagai upaya peningkatan kosakata bahasa Arab siswa kelas 5 MI Cemorokandang malang / Siti Siyah Ayu Rohmatul Kasanah

Kasanah, Siti Diyah Ayu Rohmatul (2018) Pengembangan media pembelajaran fold book sebagai upaya peningkatan kosakata bahasa Arab siswa kelas 5 MI Cemorokandang malang / Siti Siyah Ayu Rohmatul Kasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kasanah, Siti Diyah Ayu Rohmatul. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fold Book sebagai Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas 5 MI Cemorokandang Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd dan Dr. Ahmad Munjin Nasih, M.Ag Kata Kunci: Media Pembelajaran, Fold Book, Kosakata Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat menciptakan suasana pembelajaran lebih hidup dan bermakna. Fold book adalah salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan cocok untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, sangatlah disarankan pada saat proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media fold book sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk media pembelajaran fold book sebagai upaya peningkatan kosakata bahasa Arab siswa kelas 5 MI, (2) mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran fold book, dan (3) mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran fold book dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Penelitian dan pengembangan menggunakan desain R&D dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi, yaitu (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji validasi, (5) revisi uji validasi, (6) uji coba lapangan, (7) revisi akhir. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi dan angket penilaian. Data yang diperoleh dari observasi dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Sedangkan data yang diperoleh dari angket dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Pengembangan media pembelajaran ini menghasilkan dua media buku lipat yang memiliki dua sisi dan masing-masing sisi memiliki 12 kotak lipatan. Adapun media ini berisikan lima tema yang mengacu pada KD bahasa Arab kelas 5 MI kurikulum 2013. Berdasarkan validasi dari ahli media, diketahui bahwa pengembangan media pembelajaran fold book ini valid dan memiliki tingkat kevalidan sebesar 62,5%, dari ahli materi mendapatkan hasil kevalidan sebesar 88,8%, dari guru bahasa Arab kelas 5 MI Cemorokandang Malang mendapatkan hasil valid denga tingkat kevalidan sebesar 97,5%, dan dari siswa kelas 5 MI Cemorokandang Malang mendapatkan hasil kevalidan sebesar 85,5%. Jadi dapat dikatakan bahwa media pembelajaran fold book layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Saran yang dapat diberikan sebagai berikut: (1) bagi siswa kelas 5 MI Cemorokandang Malang agar menggunakan media fold book untuk memudahkan dalam mempelajari kosakata bahasa Arab, (2) bagi guru bahasa Arab kelas 5 MI Cemorokandang Malang agar memanfaatkan media fold book dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa, dan (3) bagi peneliti selanjutnya agar memperbaiki dan mengembangkan media fold book lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11466

Actions (login required)

View Item View Item