Pembelajaran seni Kaligrafi Arab di Sekolah Kaligrafi Al-QurÔÇÖan (SAKAL) Denanyar Jombang / Diana Lin Hasanah

Hasanah, Diana Lin (2018) Pembelajaran seni Kaligrafi Arab di Sekolah Kaligrafi Al-QurÔÇÖan (SAKAL) Denanyar Jombang / Diana Lin Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hasanah, Diana Lin. 2017. Pembelajaran Seni Kaligrafi Arab di Sekolah Kaligrafi Al-QurÔÇÖan (SAKAL) Denanyar Jombang. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. M. Syathibi Nawawi, M.Pd, (II) Laily Maziyah, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, Kaligrafi, SAKAL SAKAL merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pembelajaran seni kaligrafi Arab yang berada di daerah Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Lembaga ini menjadi salah satu rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan kaligrafi karena memiliki beberapa kelebihan yaitu: (1) berfokus pada pendidikan kaligrafi Al-QurÔÇÖan, (2) mempunyai kurikulum dan konsep KBM yang terstuktur, dan (3) guru yang berkompeten di bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran seni kaligrafi Arab di SAKAL dari segi: (1) tujuan, (2) media dan bahan ajar, (3) metode, (4) faktor penghambat dan pendukung, serta (5) evaluasi. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif jenis studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SAKAL yang terletak di Kecamatan Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Data dalam penelitian ini adalah data-data tentang tujuan, media dan bahan ajar, metode, faktor penghambat dan pendukung, serta evaluasi pembelajaran kaligrafi di SAKAL. Sumber data primer yaitu Kepala Sekolah, guru, dan siswa. Sumber data sekunder yaitu dokumen pembelajaran berupa jadwal pelajaran, materi dan bahan ajar, contoh evaluasi, serta dokumen sekolah berupa struktur kepengurusan, data guru, data siswa, dan tata tertib. Data penelitian diambil dengan menggunakan instrumen bantu berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan catatan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Teknik analisis data ditempuh dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi data dilakukan dengan observasi terus-menerus, pemeriksaan data, dan diskusi dengan dosen pembimbing serta teman sejawat. Hasil penelitian pembelajaran seni kaligrafi di SAKAL adalah (1) tujuan pembelajaran untuk mencetak siswa menjadi seorang khathah profesional, terdidik, dan mampu menyebarluaskan pe ndidikan khath, (2) media utama adalah guru dengan didukung oleh alat-alat pembelajaran, (3) bahan ajar yang digunakan adalah kurrasah atau buku pedoman, (4) metode yang digunakan adalah metode Hamidy, (5) faktor penghambat pembelajaran adalah: (a) motivasi dan semangat siswa yang naik turun, dan (b) animo masyarakat yang kurang. Faktor pendukung pembelajaran adalah (a) adanya guru khath yang kompeten, (b) adanya dukungan penuh dari pihak pesantren terhadap penyelenggaraan pembelajaran kaligrafi, (c) siswa-siswi sudah mengetahui alur dan proses pembelajaran, (6) evaluasi yang digunakan adalah dengan sistem setoran kepada guru setiap menyelesaikan tugas dari guru. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pembelajaran seni kaligrafi Arab di SAKAL dilakukan dengan terarah dan terstruktur dengan mempertahankan kaligrafi murni.ii Beberapa hal yang disarankan kepada pihak-pihak terkait dalam penelitian ini adalah (1) SAKAL hendaknya terus mengembangkan pembelajaran dengan metode Hamidy. Selain itu SAKAL hendaknya sering mengadakan pelatihan (workshop) kaligrafi kepada masyarakat luas, (2) siswa-siswi SAKAL hendaknya selalu bersemangat dan termotivasi untuk berlatih dan belajar kaligrafi serta aktif mengikuti event lomba dan workshop kaligrafi, dan (3) mahasiswa Jurusan Sastra Arab khususnya paket kaligrafi hendaknya melaksanakan kegiatan magang di tempat-tempat yang menyelenggarakan pembelajaran kaligrafi guna menambah wawasan dan pengetahuan tentang kaligrafi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11462

Actions (login required)

View Item View Item