Pemetaan pembelajaran Bahasa Arab di SMA di Kabupaten Sumenep / Febri Arifatur Romdhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan pembelajaran Bahasa Arab di SMA di Kabupaten Sumenep / Febri Arifatur Romdhani

Romdhani, Febri Arifatur (2018) Pemetaan pembelajaran Bahasa Arab di SMA di Kabupaten Sumenep / Febri Arifatur Romdhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Romdhani FebriArifatur. 2017. PemetaanPembelajaranBahasaArab Di SMA Di KabuptenSumenep. Skripsi JurusanSastra Arab FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1 ) Prof. Dr. Imam Asrori M.Pd. dan (2) Ahmad ToheM.A Ph.D. Kata kunci Pemetaan pembelajaranbahasa Arab SekolahMenengahAtas Sumenep Bahasa Arab masukke Indonesia bersamaan dengan masuknya agama Islam. Agama Islam dalammenjalankan ibadahnya bersumber pada Al-Qur an dan Hadits rasul. Sedangkan bahasa Al-Qur an menggunakan bahasa Arab sehingga bahasa Arab memilik ikaitan yang erat dengan Al-Qur an. Pembelajaran bahasa Arab semakin berkembang menjadi beranekaragam bahkan di seluruh jenjang SMA di Kabupaten Sumenep meskipun demikian belum ada informasi yang pasti tentang SMA-SMA yang mengajarkan bahasa Arab. selain itu belum ada hasil penelitian tentang metode teknik media dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab. hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian pemetaan pembelajaran bahasa Arab di SMA di Kabupaten Sumenep. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk menggambarkan peta pembelajaran Bahasa Arab di SMA di Kabupaten Sumenep secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan (1) kebijakan sekolah terhadap pembelajaran bahasa Arab (2) kualifikasi guru (3) kurikulum pembelajaran (4) ) bahan ajar yang digunakan oleh guru (5) strategi pembelajaran (6) media pembelajaran (7) evaluasi yang digunakan oleh guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah semua SMA di Kabupaten Sumenep dan sampel yang diambil adalah 10 SMA di Kabupaten Sumenep. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif berupa deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat delapan sekolah yang mengajarkan bahasa Arab sebagai mata pelajaran wajib dan pemintan bahasa dan dua sekolah yang tidak mengajarkan bahasa Arab karena bahasa Arab merupakan program kurikulum 2013 (2) semua guru relevan memiliki kualifikasi pendidikan S1 (3) sebagian besar guru menggunakan kurikulum KTSP dari kemendikbud (4) bahan ajar yang digunakan oleh guru bebagai macam dan bervariasi (5) sebagian besar guru mengemukakan strategi menerjemahkan kata perkata kemudian mengemukakan bentuk jamak atau mufrod. Selain itu semua siswa melakukan praktik berbicara berdialog bercerita secara berkelompok dan memberikan model atau contoh tulisan (6) media pembelajaran yang digunakan guru yaitu media gambar benda tiruan dan media elektrronik (7) evaluasi pembelajaran yang sering digunakan oleh guru yaitu dilaksanakan pada setiap akhir unit pembelajaran sedangkan jenis tes yang sering digunakan adalah pilihan ganda dan esai (uraian)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11458

Actions (login required)

View Item View Item