Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Mamba'us Sholihin Suci Manyar Gresik / Luqmanul Yahya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Mamba'us Sholihin Suci Manyar Gresik / Luqmanul Yahya

Yahya, Luqmanul (2018) Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Mamba'us Sholihin Suci Manyar Gresik / Luqmanul Yahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yahya Luqman. 2016. Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Mamba us Sholihin Suci Manyar Gresik Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M Syatibi Nawawi M.Pd. (2) Ali Ma sum S.Pd. M.A. Kata Kunci Pembelajaran bahasa Arab madrasah diniyah Madrasah diniyah Mamba us Sholihin adalah madrasah diniyah yang didirikan pada tahun 2003 di desa Suci Jl. K.H Syafi i No. 07 Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik madrasah diniyah Mamba us sholihin berada di naungan lembaga pondok pesantren Mamba us Sholihin yang didirikan oleh K.H Masbuhin Faqih. Penelitian ini bertujuan untuk mendriskripsikan tujuan pembelajaran siswa guru kurikulum metode pembelajaran media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di madrasah diniyah Mamba us Sholihin. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah madrasah diniyah Mamba us Sholihin Jl. K.H Syafi i No. 07 Suci Manyar Gresik. Sumber data penelitian ini adalah dewan guru madrasah diniyah Mamba us Sholihin khususnya guru bahasa Arab dan para siswa madrasah diniyah Mamba us Sholihin. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen inti. Instrumen bantu yang digunakan adalah pedoman observasi pedoman wawancara dan angket. Teknik pengumpulan data adalah observasi wawancara angket dan dokumen. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan cara (1) observasi terus menerus (2) mendiskusikan data dan hasil analisis dengan pihak tertentu yang dipandang ahli (3) memeriksa kembali catatan lapangan secara cermat dan (4) memanfaatkan sumber diluar data yang dianalisis. Hasil penelitian ini memaparkan beberapa hal yaitu 1) tujuan pembelajaran bahasa Arab di madrasah diniyah Mamba us Sholihin adalah siswa mampu mempraktikkan ketrampilan berbahasa dalam penggunaannya sehari-hari serta mampu memahami teks Arab yang kemudian digunakan untuk praktik baca kitab (2) siswa aktif dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas karena metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran bervariasi dan lingkungan di Madin Mamba us Sholihin mendukung dalam pengembangan dan pembelajaran bahasa Arab (3) sebagian besar guru juga pernah mengikuti seminar penataran kursus ataupun lokakarya yang berkaitan dengan bahasa Arab adapun latar belakang pendidikan guru adalah 4 orang sarjana jurusan PBA dan 4 orang adalah mahasiswa (4) kurikulum pembelajaran bahasa Arab di madrasah diniyah Mamba us Sholihin adalah dengan menggunakan silabus yang sederhana berisikan tentang mata pelajaran materi pokok dan target pencapaian bahan ajar pembelajaran bahasa Arab yang digunakan adalah Al- arobiyah Linnasyi in juz 1 2 dan 3 sesuai dengan tingkatan kelas (5) metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode langsung dan metode campuran (eklektik) (6) media pembelajaran yang digunakan adalah buku pegangan papan tulis dan spidol (laptop dan sound jika guru membutuhkan saja) dan (7) evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang digunakan adalah UTS dan UAS dalam bentuk tes tulis dan tes lisan.ii Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti memberikan saran kepada pengelola madrasah diniyah hendaknya (1) ketua dan pengurus madrasah mengikutsertakan para guru bahasa Arab dalam pelatihan pembelajaran bahasa Arab (2) pihak madrasah diniyah untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memadai yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab (3) para guru bahasa Arab menggunakan metode dan media bervariasi sehingga siswa semakin semangat belajar bahasa Arab baik di dalam atau di luar kelas dan (4) siswa lebih semangat dan fokus dalam belajar bahasa Arab serta aktif dalam mempraktikkan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11450

Actions (login required)

View Item View Item