Penerapan model peer teaching method pada proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di Pondok Pesantren Daarul Falah Batu / Ana Mahbubah

Mahbubah, Ana (2018) Penerapan model peer teaching method pada proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di Pondok Pesantren Daarul Falah Batu / Ana Mahbubah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahbubah, Ana. 2017. ÔÇ£Penerapan Model ÔÇ£Peer Teaching MethodÔÇØ Pada Proses Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa arab Di Pondok Pesantren Daarul Falah BatuÔÇØ, Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing (1) Dr. Nurhidayati, M.Pd, Pembimbing (2) Achmad Tohe, M.A., Ph.D. Kata Kunci: peer teaching method, keterampilan berbicara, pembelajaran Bahasa Arab. Keterampilan berbicara Bahasa Arab merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang penting di Bahasa Arab. Berbicara merupakan sarana utama untuk membina saling mengerti dan komunikasi timbal balik, dengan menggunakan bahasa sebagai medianya. Untuk mempermudah siswa dalam belajar keterampilan berbicara Bahasa Arab maka siswa harus didasari dengan kemampuan mendengarkan, kemampuan mengucapkan, dan penguasaan kosa kata serta ungkapan yang memungkinkan anak didik dapat mengkomunikasikan maksud dan fikirannya. Pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab terkadang membuat siswa merasa bosan dan jenuh. Untuk menghindari suasana belajar yg membosankan peneliti menggunakan model pembelajaran peer teaching method. Model pembelajaran peer teaching method sangat membantu siswa dalam proses belajar keterampilan berbicara Bahasa Arab. Model pembelajaran peer teaching method ini menggunakan sistem tutor sebaya dalam proses belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa Pondok Pesantren Daarul Falah Batu dengan menggunakan model peer teaching method, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa Pondok Pesantren Daarul Falah Batu dengan menggunakan model peer teaching method, 3) Mendeskripsikan hasil pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa Pondok Pesantren Daarul Falah Batu dengan menggunakan model peer teaching method. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Objek penelitian ini seluruh siswa kelas II mata pelajaran Bahasa Arab. Instrumen penelitian ini adalah : (1) soal tes, (2) angket, (3) pedoman observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pemberian tes dan angket. Hasil penelitian yaitu : 1) Perencanaan pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab dengan menggunakan model peer teaching method di Pondok Pesantren Daarul Falah yaitu dengan memberikan pre test kepada siswa dan begitu juga dari hasil observasi sebelum diterapkannya model peer teaching method, hasil pre test dan observasi ini yang digunakan oleh peneliti untuk memilih salah satu siswa yang mampu sebagai tutor sebaya dalam setiap kelompoknya, kemudian peneliti menyusun rencana pelaksaan pembelajaran dan materi yang akan diberikan kepada setiap tutor sebaya untuk dijelaskan danii didiskusikan bersama kelompoknya. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab dengan menggunakan metode peer teaching method dibagi menjadi 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Diadakan post test setiap akhir siklus. 3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab dimulai dari hasil pre-test siswa diperoleh rata-rata kelas yaitu 66. Siswa yang belum mencapai nilai Standard Kemampuan Minimal (SKM) sebanyak 15 siswa dari 26 siswa. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I yang mana diperoleh nilai rata-rata kelas 72. Sebanyak 15 siswa yang belum mencapai SKM . setelah itu dilanjutkan dengan siklus II. Pada siklus ini semua siswa sudah mencapai SKM dengan nilai rata-rata kelas 79. Berdasarkan rentangan presentase hasil belajar yang telah dicapai tergolong cukup efektif. Saran penelitian ini bagi Lembaga, hendaknya model pembelajaran peer teaching method diterapkan di kelas II khususnya pada pelajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab di sebuah lembaga pondok pesantren karena dapat mempermudah siswa dalam belajar. Untuk guru yaitu model pembelajaran ini sangat relevan diterapkan pada pembelajaran Bahasa Arab karena model pembelajaran ini dirasa mampu membangun semangat siswa dalam proses belajar. Bagi peneliti lain dapat mengembangkan model pembelajaran peer teaching method untuk pelajaran yang ada kaitanya dengan keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11449

Actions (login required)

View Item View Item