Pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur'an pada peserta didik tunagrahita di SLB PGRI Plosoklaten Kabupaten Kediri / Azmil Mufidah

Mufidah, Azmil (2018) Pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur'an pada peserta didik tunagrahita di SLB PGRI Plosoklaten Kabupaten Kediri / Azmil Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufidah. Azmil. 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur an untuk Peserta Didik Tunagrahita di SLB PGRI Plosoklaten Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hanik Mahliatussikah S.Ag. M.Hum. (II) Dra. Hj. Nur Anisah Ridwan M.Pd. Kata Kunci Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur an Tunagrahita SLB PGRI Plosoklaten Kabupaten Kediri. Pendidikan merupakan hak setiap individu termasuk anak berkebutuhan khusus. Dalam UUD 1945 pasal 31 ayat 1 berbunyi setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan . Ini menegaskan bahwa pendidikan wajib diikuti oleh stiap warga negara. Islam juga memandang semua manusia sama. Tidak memandang dari segi fisik harta maupun tahta melainkan keimanan seseorang. Semua umat Islam memiliki hak dan kewajiban yang sama tanpa terkecuali. Begitu pun dengan pendidikan Islam. Pendidikan Islam tidak hanya diberikan kepada anak yang mempunyai kelengkapan fisik saja tetapi juga anak yang memiliki kelainan fisik maupun mental. Pembelajaran Al-Qur an untuk anak yang memiliki kendala fisik dan mental seperti tunagrahita yang beragama Islam harus tetap silaksanakan. SLB PGRI Plosoklaten merupakan salah satu institusi yang memberikan layanan pendidikan bagi penyandang cacat mulai dari anak tunanetra tunarungu tunagrahita tunadaksa dan Autis yang didalamnya terdapat proses belajar mengajar. SLB PGRI Plosoklaten juga memberikan upaya lebih dalm pendidikan agama Islam termasuk pembelajaran AL-Qur an. Anak berkebutuhan khusus dalam proses pelaksanaan pendidikan juga memerlukan layanan khusus guru khusus bahkan kurikulum khusus. Proses pembelajaran anak tunagrahita juga memerlukan penanganan khusus termasuk pada pembelajaran Al-Qur an. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dengan objektif pelaksanaan pembelajaran Al-Qur an untuk peserta didik tunagrahita di SLB PGRI Plosoklaten kabupaten Kediri beserta spek-aspek yang terdiri dari kurikulum jadwal pembelajaran materi dan bahan ajar serta metode pembelajaran. Juga faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qura n. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitaif sumber data primer dan metode pengumpulan data didapat dari (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mengorganisasikan data kedalam kategori menjabarkan kedalam unit-unit melakukan sintesa menyusun kedalam pola memilih mana yang penting dan yang dipelajari dan membuat kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SLB PGRI Plosoklaten Kabupaten kediri. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut Pelaksanaan pembelajaran Al-Qr an di SLB PGRI Plosoklaten Kabupaten Kediri merupakan bagian dari Pendidikan agama Islam (PAI). Pembelajaran Al-Qur an ini dimaksudkan agar siswa bisa membaca Al-Qur an secara mandiri hafal suratsurat pendek doa sehari-hari dan Asmaul Husna. Kurikulum yang diterapkanii tidak terikat pada pelajaran PAI yang menggunakan kurikulum 2013 tapi dibebaskan menyesuaikan dengan kemampuan serta kondisi siswa yang mempunyai ketunaan dan IQ lebih rendah dari anak normal lainnya. Pembelajaran Al-Qur an dilaksanakan dua kali dalam seminggu yaitu hari Selasa dan Kamis dengan masing-masing 2 jam pelajaran. Materi yang diajarkan dalam pembelajaran Al-Qur an adalah huruf Hijaiyyah surat-surat pendek doa sehari-hari dan Asmaul Husna. Bahan ajar yang dipakai antara lain Al-Qur an Iqro buku doa-doa. Metode yang diterapkan selama pembelajaran adalah metode Iqro metode hafalan metode Drill dan metode bernyanyi. Metode-metode tersebut efektif diterapkan untuk anak tunagrahita dalam pembelajaran Al-Qur an. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran Al-Qur an di SLB PGRI Plosoklaten Kabupaten Kediri yaitu guru mengajar dengan penuh ikhlas dan sabar semua guru ikut serta dalam proses pembelajaran Al-Qur an sekolah memfasilitasi keperluan dalam proses pembelajaran Al-Qur an pembelajaran AlQur an mendapat porsi khusus dengan adanya waktu jam pelajaran tesrsendiri meskipun merupakan bagian dari Pendidikan Agama Islam (PAI). Sedangkan faktor penghambat pembelajaran Al-Qur an di SLB PGRI Plosoklaten antara lain kurangnya kedisiplinan siswa konsentrasi siswa dan penerapan kurikulum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11448

Actions (login required)

View Item View Item