Pengembangan buku nahwu digital berbasis android untuk pembelajaran bahasa Arab / Salim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku nahwu digital berbasis android untuk pembelajaran bahasa Arab / Salim

Salim (2018) Pengembangan buku nahwu digital berbasis android untuk pembelajaran bahasa Arab / Salim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Salim. 2017. Pengembangan Buku Nahwu Digital Berbasis Android Untuk Pembelajar Bahasa Arab Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Moh. Khasairi M.Pd. (2) Moh. Ahsanuddin M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran Nahwu Android Nahwu adalah salah satu mata kuliah yang ada di Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Peranan Nahwu dalam pembelajaran bahasa Arab sangat penting karena merupakan salah satu cabang utama untuk bisa berbahasa Arab dengan baik dan benar. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang sedang banyak diminati oleh masyarakat termasuk mahasiswa akhir-akhir ini adalah smartphone berbasis Android penulis menggabungkan kemajuan teknologi saat ini dengan pentingnya belajar Nahwu bagi pembelajar bahasa Arab dengan mengembangkan buku Nahwu digital berbasis Android. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan buku Nahwu digital berbasis Android untuk pembelajar bahasa Arab (2) mendeskripsikan keefektifan penggunaan buku Nahwu digital berbasis Android untuk pembelajar bahasa Arab (3) mendeskripsikan karaktersitik buku Nahwu digital berbasis Android untuk pembelajar bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan R D (Research Development). Objek penelitian ini berupa pengembangan buku Nahwu digital berbasis Android untuk pembelajar bahasa Arab. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara dan angket (questionnaire). Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa buku Nahwu digital berbasis Android dengan tahapan rancangan sebagai berikut (1) pengembangan buku digital dilakukan dengan tahap (a) pengumpulan data awal (b) perencanaan (c) pengembangan produk (d) uji produk (e) revisi produk (2). Buku digital dinyatakan layak oleh (a) ahli materi dengan persentase total sebesar 70% (b) ahli media dengan persentase total sebesar 77 5% (c) penilaian dosen Nahwu Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang sebesar 92 5% (d) hasil uji coba lapangan kepada mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang sebesar 82 18%. Dari hasil uji diatas maka dapat disimpulkan bahwa buku Nahwu digital berbasis Android yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pendukung dalam mempelajari Nahwu pembelajar bahasa Arab. Karakteristik media yang dikembangkan membutuhkan smartphone berbasis Android karena file yang dihasilkan berekstensi .apk dan hanya bisa diinstal dengan smartphone berbasis Android dengan sistem operasi minimal versi 2.1 ( clair). Sedangkan untuk RAM yang dibutuhkan untuk mengoperasikan media minimal 512 MB. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah menambah fungsi latihan soal-soal pada media agar setelah pembelajar memahami materi pada media dapat langsung berlatih dengan soal-soal yang terdapat dalam media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11446

Actions (login required)

View Item View Item