Implementasi strategi memori untuk meningkatkan hasil pembelajaran huruf hijaiyah pada anak di TK Muslimat NU 43 Malang / Nur Indah Fajarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi strategi memori untuk meningkatkan hasil pembelajaran huruf hijaiyah pada anak di TK Muslimat NU 43 Malang / Nur Indah Fajarwati

Fajarwati, Nur Indah (2017) Implementasi strategi memori untuk meningkatkan hasil pembelajaran huruf hijaiyah pada anak di TK Muslimat NU 43 Malang / Nur Indah Fajarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajarwati Nur Indah. 2017. Implementasi Strategi Memori Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Di TK Muslimat NU 43 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nurhidayati M.Pd dan Dr. Lilik Nur Kholidah M.Pd.I Kata Kunci Huruf Hijaiyah Strategi Memori dan Hasil Belajar Pembelajaran huruf hijaiyah dapat dikenalkan sejak masa kanak-kanak sejak kecil anak diajarkan Al-Qur an agar anak tumbuh dan berkembang dalam naungan Al-Qur an sehingga tercipta pribadi yang baik dan berakhlak mulia karena anak adalah generasi penerus bangsa negara dan agama. Usaha dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak dengan cara bermain yaitu menggunakan strategi memori dengan mencocokkan suara melalui proses imajinasi sehingga anak akan lebih mudah mengingat menerima pelajaran dan pencapaian hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi strategi memori dalam pembelajaran huruf hijaiyah pada anak di TK Muslimat NU 43 Malang dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan pengenalan huruf hijaiyah pada anak di TK Muslimat NU 43 Malang setelah menggunakan metode strategi memori. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas TK B Muslimat NU 43 Malang dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa ranah kognitif setelah diterapkannya strategi pembelajaran strategi memori. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi observasi langsung wawancara test catatan lapangan dokumentasi. Hasil pembelajaran huruf hijaiyah dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya strategi memori. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar pada ranah kognitif dengan persentase keberhasilan baik dengan klasifikasi (B ) sementara keterlaksanaan tindakan peneliti juga mengalami peningkatan dengan persentase keberhasilan sangat baik dengan klasifikasi (A). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi memori dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas TK B Muslimat NU 43 Malang. Strategi pembelajaran ini bisa diterapkan oleh Pendidik sebagai variasi pelaksanaan pembelajaran namun perlu diperhatikan tentang pemilihan benda atau sesuatu yang mudah dimengerti oleh siswa dalam mencocokkan huruf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11427

Actions (login required)

View Item View Item