Analisis buku baca tulis Al-Qur'an untuk anak(an-nahdliyah, bil-qalam, dan yanbu'a) ditinjau dari karakteristik dan isinya / Luthvia Mualifatuz Zuhro' - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku baca tulis Al-Qur'an untuk anak(an-nahdliyah, bil-qalam, dan yanbu'a) ditinjau dari karakteristik dan isinya / Luthvia Mualifatuz Zuhro'

Zuhro', Luthvia Mualifatuz (2017) Analisis buku baca tulis Al-Qur'an untuk anak(an-nahdliyah, bil-qalam, dan yanbu'a) ditinjau dari karakteristik dan isinya / Luthvia Mualifatuz Zuhro'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zuhro Luthvia Mualifatuz. 2017. Analisis Buku Baca Tulis Al-Qur an untuk Anak (An-Nahdliyah Bil-Qalam dan Yanbu a). Skripsi jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhidayati M.Pd (II) Dr. Lilik Nur Kholidah M.Pd.I Kata Kunci analisis buku karakteristik Al-Qur an diturunkan oleh Allah SWT kepada seluruh umat muslim agar mereka memahami mengambil pelajaran serta menjadikannya pedoman untuk mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari. Al Qur an adalah Kitab Allah SWT. untuk semua manusia yang mengandung nilai-nilai universal yang kontekstual untuk segala zaman. Untuk mengetahui nilai-nilai yang universal tersebut maka Al Qur an perlu dipelajari melalui buku dan metode yang tepat. Buku Baca Tulis Al-Qur an (BTA) An-Nahdliyah Bil-Qalam dan Yanbu a adalah buku yang digunakan di sebagian besar wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dalam hal ini buku Baca Tulis Al-Qur an (BTA) An-Nahdliyah Bil-Qalam dan Yanbu a termasuk buku yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran Al-Qur an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik buku Baca Tulis Al-Qur an untuk anak (An-Nahdliyah Bil-Qalam dan Yanbu a) dari segi huruf kata kalimat atau ayat Al-Qur an warna gambar jenis huruf dan hiasannya (2) kualitas isi buku Baca Tulis Al-Qur an untuk anak (An-Nahdliyah Bil-Qalam dan Yanbu a) ditinjau dari segi kemudahan mempelajari dan mengajarkannya kejelasan hurufnya dan keruntutan materinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah informasi atau isi dari buku Baca Tulis Al-Qur an untuk anak (An-Nahdliyah Bil-Qalam dan Yanbu a) yang terkait dengan karakteristik dan kualitas isi buku. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah data yang diambil dari sumber utama yakni buku Baca Tulis Al-Qur an untuk anak (An-Nahdliyah Bil-Qalam dan Yanbu a). Intrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan intrumen pendukungnya adalah pedoman analisis data. Langkah analisis dalam penelitian ini adalah peneliti membaca buku Baca Tulis Al-Qur an untuk anak (An-Nahdliyah Bil-Qalam dan Yanbu a) secara keseluruhan mengidentifikasi karakteristik dan kualitas isi buku mereduksi data yakni memilih data yang relevan untuk dianalisis menganalisis data yang telah ada dan yang terakhir menyimpulkan karakteristik dan kualitas isi buku-buku tersebut. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) ditinjau dari segi karakteristiknya buku An-Nahdliyah terdiri atas enam jilid Buku Bil-Qalam terdiri atas empat jilid dan buku BTA Yanbu a terdiri atas delapan jilid. Ketiganya memiliki sampul yang warnanya berbeda-beda. Namun memiliki tampilan dalam (isi buku) yang kurang menarik yakni kertas yang digunakan berwarna putih dan tulisannya berwarna hitam. 2) dari segi kualitas buku BTA An-Nahdliyah Bil-Qalam dan Yanbu a mudah dipelajari hurufnya jelas terdapat evaluasi pada tiap bukunya dan mudah diajarkan. Dari ketiga buku tersebut buku Yanbu a adalah yang paling mudah dipelajari dan diajarkan karena materinya lebih lengkap runtut dan sistematis. Adapun buku An-Nahdliyah berbeda dari buku yang lain yaitu menambahkan materi do a sehari-hari. Adapun buku Bil-Qalam lebih sedikit materinya dan lebih fokus pada pengajaran membaca Al-Qur an. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru Madrasah Diniyyah untuk memilih buku Baca Tulis Al-Qur an yang berkualitas dan sesuai dengan tujuan pengajaran Al-Qur an di Lembaga yang sedang diajar. Kemudian kepada penulis buku hendaknya lebih memperhatikan segi artistik buku sehingga isi buku lebih menarik dan bervariasi. Dan diharapkan kepada peneliti berikutnya untuk bisa meneliti buku Baca Tulis Al_Qur an lain dari berbagai aspek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11422

Actions (login required)

View Item View Item