Pemetaan pembelajaran bahasa Arab di SMA di Kabupaten Tulungagung / Lia Faridatus Sha'diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan pembelajaran bahasa Arab di SMA di Kabupaten Tulungagung / Lia Faridatus Sha'diyah

Sha'diyah, Lia Faridatus (2017) Pemetaan pembelajaran bahasa Arab di SMA di Kabupaten Tulungagung / Lia Faridatus Sha'diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sha diyah Lia Faridatus. 2017. Pemetaan Pembelajaran Bahasa di SMA di Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Asrori M.Pd (II) Ali Ma sum S.Pd. M.A. Kata Kunci pemetaan pembelajaran bahasa Arab Sekolah Menengah Atas Tulungagung Bahasa Asing merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMA. Terdapat bebarapa bahasa asing yang diajarkan di SMA di Tulungagung salah satunya bahasa Arab karena mayoritas penduduk di Indonesia beraga Islam begitu juga di Kabupaten Tulungagung. Meskipun begitu di Tulungagung belum ada data tentang SMA yang mempelajari bahasa Arab. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Arab di SMA di Kabupaten Tulungagung yang meliputi kebijakan dan dukungan sekolah kualifikasi guru bahan ajar kurikulum strategi media dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif . Data diambil dari 10 SMA dengan sampel acak dari 24 SMA di Kabupaten Tulungagung. Data diperoleh dari pengisian angket yang telah diisi oleh guru (responden) bahasa Arab. Analisis data dimulai dari tahap persiapan klasifikasi data tabulasi dan interpretasi. Berdasarkan hasil analisis data penulis memperoleh data sebagai berikut (1) sebagian besar sekolah membuka mata pelajaran bahasa Arab di setiap semester (2) mayoritas guru bahasa Arab bukan lulusan pendidikan bahasa Arab (3) bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab setiap sekolah berbeda-beda yaitu satu sekolah menggunakan buku Percakapan Bahasa Arab dan Pengantar Ilmu Nahwu dua sekolah menggunakan buku 1575 1604 1604 1594 1577 1575 1604 1593 1585 1576 1610 1577 1604 1604 1605 1583 1585 1587 1577 1575 1604 1579 1575 1606 1608 1610 1577 1575 1604 1593 1575 1605 1577 satu sekolah menggunakan buku 1583 1585 1587 1575 1604 1604 1594 1577 1575 1604 1593 1585 1576 1610 1577 1-7 satu sekolah menggunakan buku Muhawarah dan satu sekolah menggunakan buku 1575 1604 1604 1594 1577 1575 1604 1593 1585 1576 1610 1577 1604 1604 1605 1576 1578 1583 1574 1610 1606 (4) kurikulum yang digunakan di enam SMA di Tulungagung adalah KTSP lima sekolah menggunakan kurikulum KTSP dari Kemendikbud dan satu sekolah menggunakan kurikulum KTSP dari Kemenag (5) semua guru menggunakan strategi eklektik yaitu penggabungan dari beberapa strategi yang ada dalam setiap ketrampilan bahasa (6) media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab bermacam-macam yaitu media visual audio dan audio visual dan (7) lima guru bahasa Arab melakukan evaluasi setiap akhir pembelajaran bahasa Arab dan satu guru melakukan evaluasi dua kali dalam satu semester yautu pada UTS dan UAS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11418

Actions (login required)

View Item View Item