Pengembangan buku cerita dan boneka jari sebagai alternatif bahan pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab siswa kelas XI SMAN 5 Malang / Nikmatur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku cerita dan boneka jari sebagai alternatif bahan pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab siswa kelas XI SMAN 5 Malang / Nikmatur Rohmah

Rohmah, Nikmatur (2016) Pengembangan buku cerita dan boneka jari sebagai alternatif bahan pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab siswa kelas XI SMAN 5 Malang / Nikmatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmah Nikmatur. 2016. Pengembangan Buku Cerita dan Boneka Jari sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas XI SMAN 5 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Asrori M.Pd (II) Laily Maziyah S.Pd M.Pd. Kata Kunci pengembangan buku cerita dan boneka jari kemahiran berbicara bahasa Arab Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media berupa buku cerita dan boneka jari sebagai alternatif bahan pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab siswa kelas XI SMAN 5 Malang. Selain itu juga bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang mengacu pada prosedur penelitian dan pengembangan dari Gall dan Borg yang dimodifikasi dengan penyesuaian kebutuhan dan tujuan peneliti. Adapun langkah-langkah penelitian ini adalah (1) analisis kebutuhan (2) desain produk (3) pengembangan produk (4) uji ahli (5) revisi 1 (6) uji lapangan (7) revisi 2 dan (8) produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 5 Malang. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket skor penilaian oleh para ahli media ahli materi guru dan siswa. Sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan dari ahli media dan ahli materi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan angket skor penilaian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa buku cerita dan boneka jari yang terdiri dari 7 komponen yaitu (1) deskripsi dan petunjuk penggunaan media (2) teks cerita (3) gambar utama (4) boneka jari (5) soal latihan berbicara (6) gambar pelengkap berupa jam yang dapat diputar gambar arah mata angin dan peta dan (7) kosakata. Berdasarkan hasil analisis data dari ahli materi ahli media dan uji lapangan maka diperoleh hasil dengan masing-masing persentase sebagai berikut ahli media memperoleh nilai 75% ahli materi memberi penilaian 69% guru memberi penilaian 88% dan siswa memberi penilaian 86%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media buku cerita dan boneka jari valid atau layak diaplikasikan dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata kelayakan sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan agar menerapkan media buku cerita dan boneka jari sebagai bahan ajar kemahiran berbicara khususnya di SMAN 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11388

Actions (login required)

View Item View Item