Pengaruh model pembelajaran kuantum "tandur" terhadap minat belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah Indonesia di MA Assalam Jambewangi Blitar / Dya Fatkhiyatur Rohimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kuantum "tandur" terhadap minat belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah Indonesia di MA Assalam Jambewangi Blitar / Dya Fatkhiyatur Rohimah

Rohimah, Dya Fatkhiyatur (2019) Pengaruh model pembelajaran kuantum "tandur" terhadap minat belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran sejarah Indonesia di MA Assalam Jambewangi Blitar / Dya Fatkhiyatur Rohimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rohimah Dya Fatkhiyatur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum TANDUR Terhadap Minat Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Sejarah Indonessia di MA Assalam Jambewangi Blitar. Tesis Jurusan Pendidikan Sejarah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Blasius Suprapta M.Hum. (2) Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum Kata kunci model pembelajaran kuantum TANDUR minat belajar hasil belajar Praktek proses belajar mengajar tidak sesederhana proses penyampaian materi saja di dalamnya memuat proses yang menuntut adanya proses berpikir kritis analitis serta kemandirian siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirancang. Sehingga sudah seharusnya di dalam proses pembelajaran terdapat kegiatan yang membimbing menumbuhkan motivasi siswa untuk berjiwa inovatif kreatif berani serta mandiri dan melatih keterampilan baik keterampilan psikomotorik maupun keterampilan intelektual. Melalui teori konstruktivistik siswa dapat berfikir untuk menyelesaikan masalah mencari ide serta mengambil keputusan. Siswa akan lebih paham sebab mereka terlibat langsung dalam menemukan pengetahuan baru. Di sisi lain siswa terlibat secara langsung dengan aktif sehingga akan mengingat lebih lama semua konsep. Pandangan konstruktivistik juga menerangkan jika belajar merupakan suatu proses pembentukan pengetahuan. Siswa harus aktif melakukan kegiatan aktif berfikir menyusun konsep dan memberi makna tentang hal-hal yang dipelajari. Salah satunya adalah melalui penerapan model pembelajaran kuantum TANDUR yang menuntut adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kuantum TANDUR terhadap minat belajar siswa dan apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kuantum TANDUR terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pertama pengaruh model pembelajaran kuantum tipe TANDUR terhadap minat belajar siswa. Dan kedua pengaruh model kuantum tipe TANDUR terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experiment di mana terdapat kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran kuantum TANDUR dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional berupa ceramah. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kuantum tipe TANDUR terhadap minat belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai sig 0 000 0 05 sehingga menerima Ha dan menolak Ho. Uji hipotesis selanjutnya juga menunjukkan hasil adanya pengaruh signifikan model pembelajaran kuantum tipe TANDUR terhadap hasil belajar siswa. Sebagaimana terbukti dari nilai sig 0 000 0 05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kuantum TANDUR berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini sesuai dengan teori dalam penelitian ini yaitu teori konstruktrivis yang menyatakan bahwa pengetahuan harus dibangun oleh pebelajar hingga terbentuk sebuah konsep yang kuat melalui proses pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa menarik serta menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113862

Actions (login required)

View Item View Item