Implementasi pembelajaran sejarah berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) kurikulum 2013 revisi 2016 di SMA Negeri 1 Batu / Ribkha Ayu Adiningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran sejarah berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) kurikulum 2013 revisi 2016 di SMA Negeri 1 Batu / Ribkha Ayu Adiningtyas

Adiningtyas, Ribkha Ayu (2019) Implementasi pembelajaran sejarah berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) kurikulum 2013 revisi 2016 di SMA Negeri 1 Batu / Ribkha Ayu Adiningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adiningtyas Ribkha Ayu.2019. Implementasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Kurikulum 2013 Revisi 2016 di SMA Negeri 1 Batu. Tesis Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum (II) Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum Kata Kunci Kurikulum 2013 revisi 2016 Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) SKS Kurikulum 2013 mulai diterapkan di jenjang SMA/SMK untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi situasi global yang didukung keterampilan Abad 21. Pada tahun 2016 Kurikulum 2013 telah direvisi dan mulai diterapkan di sekolah khususnya di SMA Negeri 1 Batu pada tahun pelajaran 2017/2018. Bentuk baru yang paling menonjol dalam Kurikulum 2013 revisi 2016 adalah UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri). Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui Implementasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam Pembelajaran Sejarah 2) mengetahui Problematika Implementasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan metode ini disesuaikan dengan kebutuhan peneliti dalam mengungkapkan peristiwa yang ingin dikaji dalam proses pembelajaran Sejarah yang menggunakan UKBM. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Batu Jalan K.H Agus Salim Nomor 57 Kota Batu. Sumber data penelitian diperoleh dari kegiatan wawancara pada guru dan peserta didik observasi serta dokumentasi selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah modifikasi Analisis Data Kualitatif Creswell. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa 1) Pembelajaran Sejarah berbasis UKBM dilaksanakan mengacu pada penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) yang dilengkapi dengan unit-unit pembelajaran utuh berbasis KD untuk menyelesaikan beban belajar. Pembelajaran Sejarah berbasis UKBM tidak hanya untuk siswa di jalur reguler tapi juga untuk siswa program percepatan dua tahun. Pembelajaran Sejarah berbasis UKBM juga mewujudkan pendidikan berbasis karakter yaitu literasi yang diwadahi dalam Gerakan Literasi Sekolah. Penilaian dilakukan dalam bentuk media online dengan menggunakan aplikasi E-rapor yang disediakan oleh pemerintah pusat. 2) Problematika UKBM dalam pembelajaran Sejarah yaitu terdapat beberapa kendala yang ditinjau dari guru dan peserta didik. Serta ditemukannya beberapa kelemahan dan kelebihan UKBM dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut dapat disarankan bahwa penerapan Kurikulum 2013 revisi 2016 ini membutuhkan kerjasama dan koordinasi yang baik antara sekolah guru maupun peserta didik. Sekolah berkewajiban memberikan lingkungan yang aman dan nyaman serta menyusun sistem kurikulum yang baik dalam proses pembelajaran di kelas. Guru disarankan untuk terus mengembangkan kreatifitas dalam penyusunan UKBM agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113861

Actions (login required)

View Item View Item