Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis animasi stop motion pada materi pertempuran Puputan Margarana untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Ngunut / Bayu Anggo Eka Jurita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis animasi stop motion pada materi pertempuran Puputan Margarana untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Ngunut / Bayu Anggo Eka Jurita

Jurita, Bayu Anggo Eka (2019) Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis animasi stop motion pada materi pertempuran Puputan Margarana untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Ngunut / Bayu Anggo Eka Jurita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jurita Bayu Anggo Eka. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Animasi Stop Motion Pada Materi Pertempuran Puputan Margarana Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Ngunut. Tesis. Program Studi Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sukamto M.Pd. M.Si. (II) Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata Kunci Media Pembelajaran Video Stop Motion Pertempuran Puputan Margarana Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang diperlukan sebagai dasar pembentukan rasa nasionalisme kesadaran sejarah dan kecakapan akademik bagi para siswa. Akan tetapi pada perkembangannya sekarang ini banyak permasalahan yang timbul dalam pembelajaran sejarah. Salah satu permasalahan tersebut yaitu adanya pola pikir dari siswa bahwa pembelajaran sejarah membosankan dan kurang menarik. Permasalahan tersebut juga ditemukan pada proses pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMAN 1 Ngunut. Seiring perkembangan teknologi yang semakin modern bisa dimanfaatkan untuk bidang pendidikan yaitu sebagai media pembelajaran khususnya dalam hal ini di gunakan dalam pembelajaran sejarah. Hal ini yang mendasari peneliti mengembangkan produk media pembelajaran sejarah berbasis stop motion untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran agar mempermudah mempelajari mata pelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model Lee Owens. Model ini memiliki lima tahapan yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket dan Tes (pre-test dan post-test). Produk media pembelajaran sejarah berbasis stop motion telah melalui uji validasi dengan hasil data validasi dari ahli materi menunjukkan persentase sebesar 89 5% dan 97 5% dari ahli media hasil dari kedua data tersebut dinyatakan valid. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor kepraktisan sebesar 87% hasil tersebut dinyatakan praktis. Selanjutnya hasil uji coba kelompok besar diperoleh data sebagai berikut 1) skor kepraktisan diperoleh persentase sebesar 90% di kelas XI IPS 2 hasil tersebut dinyatakan praktis. 2) skor keefektifan diperoleh persentase sebesar 90 % di kelas XI IPS 2 hasil tersebut dinyatakan efektif. 3) skor minat belajar diperoleh persentase sebesar 80% di kelas XI IPS 2 hasil tersebut dinyatakan berminat. 4) skor hasil belajar diperoleh persentase sebesar 90% di kelas XI IPS 2 hasil tersebut dinyatakan memuaskan. Penilaian kepraktisan produk oleh guru sejarah diperoleh hasil persentase sebesar 83% yang berarti dinyatakan praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan produk media pembelajaran sejarah berbasis stop motion disimpulkan bahwa media tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Adanya pengembangan produk ini diharapkan memberikan inspirasi bagi pengembang lain untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113860

Actions (login required)

View Item View Item