Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi melalui kajian sejarah lokal perjuangan Mayjend Soemadi untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Kutorejo / Eka Sulis Yuniarti

Yuniarti, Eka Sulis (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi melalui kajian sejarah lokal perjuangan Mayjend Soemadi untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Kutorejo / Eka Sulis Yuniarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yuniarti, Eka Sulis. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Melalui Kajian Sejarah Lokal Perjuangan Mayjend Soemadi Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Kutorejo. Tesis. Program Studi Pendidikan Sejarah, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ari Sapto, M. Hum., (II) Dr. Sukamto, M.Pd, M.Si. Kata Kunci: Prezi, Perjuangan Mayjend Soemadi, Minat, Pemahaman Siswa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar. Materi yang terdapat pada buku teks pelajaran sejarah lebih banyak membahas mengenai sejarah nasional, materi yang membahas mengenai sejarah lokal sangat terbatas. Keterbatasan materi yang membahas mengenai sejarah lokal membuat siswa memiliki minat belajar yang rendah dan pemahaman yang terbatas. Melalui pengembangan media berbasis prezi dengan kajian sejarah lokal diharapkan siswa dapat mengetahui dan memahami sejarah lokal yang ada di lingkungan sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation) yang dikembangkan oleh Tegeh, dkk (2014:42). Model pengembangan tersebut diadaptasi dari model pengembangan Morrison & Kemp (2004). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis prezi dengan kajian lokal perjuangan Mayjend Soemadi untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Kutorejo Mojokerto. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu Berdasarkan hasil validasi ahli materi media tersebut dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan, yaitu dengan prosentase skor sebesar 83%. Hasil validasi dari validator ahli media yaitu prosentase skor sebesar 97%. Penilaian tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat valid dan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar terhadap minat belajar siswa dengan menggunakan media pebelajaran berbasis prezi dengan kajian sejarah lokal perjuangan Mayjend Soemadi prosentase minat belajar siswa sebesar 87,5%. Indikator yang digunakan untuk mengukur minat belajar siswa yaitu perhatian mencapai 90%, rasa ingin tahu sebesar 88%, perasaan senang 85%, dan ketertarikan siswa 87%. Hasil dari uji coba terkait dengan tingkat pemahaman siswa dapat diperoleh dari hasil belajar siswa. Perolehan hasil belajar siswa yang dinyatakan tuntas belajar dengan pemahaman yang baik sebesar 91%, sedangkan siswa yang belum tuntas belajar sebesar 7%. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis prezi dengan kajian sejarah lokal perjuangan Mayjend Soemadi dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kutorejo.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113859

Actions (login required)

View Item View Item