Pemenfaaatan Museum Keraton Sambaliung sebagai sumber belajar untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman sejarah siswa SMA Negeri 4 kabupaten Berau / Zulkifli Randa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemenfaaatan Museum Keraton Sambaliung sebagai sumber belajar untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman sejarah siswa SMA Negeri 4 kabupaten Berau / Zulkifli Randa

Randa, Zulkifli (2020) Pemenfaaatan Museum Keraton Sambaliung sebagai sumber belajar untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman sejarah siswa SMA Negeri 4 kabupaten Berau / Zulkifli Randa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Randa Zulkifli. 2019. Pemanfaatan museum Keraton Sambaliung sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Sejarah Siswa SMA Negeri 4 Kabupaten Berau. Pembimbing (I) Dr. Ari Sapto H.Hum (II) Dr. Blasius Suprapta M.Hum. Kata Kunci Sumber Belajar Motivasi pemahaman sejarah siswa. Pembelajaran sejarah adalah sebuah proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya sehingga terjadi perubahan tingkah laku akibat dari interaksinya dengan mempelajari sejarah. Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pendidik atau guru ialah dengan dapat mengeksplorasi dan meninjau pustaka untuk sumber-sumber sejarah di sekitar lingkungan belajar siswa yaitu dengan sejarah lokal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana potensi Keraton Sambaliung sebagai sumber belajar sejarah bagi siswa SMA Negeri di kabupaten Berau 2) Bagaimana Kaitan antara Museum keraton Sambaliung dengan materi pembelajaran sejarah 3) Apakah pemanfaatan museum keraton Sambaliung sebagai sumber belajar dapat meningkatkan motivasi siswa 4) Apakah pemanfaatan museum keraton Sambaliung dapat meningkatkan pemahaman siswa . Metode dalam penelitian ini adalah metode mixed methods. Penelitian ini merupakan suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk penelitian yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Penelitian campuran merupakan pendekatan penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif. Munculnya metode mixed methods ini mulanya hanya mencari usaha penggabungan antara data kualitatif dengan data kuantitaif. Hasil penelitian ini menunjukkan 1). keraton sambaliung sangat berpotensi dan memungkinkan untuk dijadikan sumber belajar sejarah dan 2). museum keraton sambaliung sebagai sumber belajar sejarah itu berkaitan dengan materi islamisasi dan silang budaya disub bab islam masuk ke istana raja dan didalamnya terdapat materi pembelajaran yaitu tentang kerajaan-kerajaan islam di Kalimantan. 3) Kemudian terdapat pengaruh positif signifikan pemanfaatan museum keraton Sambaliung sebagai sumber belajar terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran Sejarah Kelas X IPS I di SMA Negeri 4 Berau. 4) Dan juga terdapat pengaruh positif signifikan pemanfaatan museum keraton Sambaliung sebagai sumber belajar terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran Sejarah Kelas X IPS I di SMA Negeri 4 Berau

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113858

Actions (login required)

View Item View Item