Pengaruh model pembelajaran Reviprocal Teaching (RT) dan kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman sejarah peserta didik kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah I Taman Sidoarjo / Reni Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Reviprocal Teaching (RT) dan kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman sejarah peserta didik kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah I Taman Sidoarjo / Reni Saputri

Saputri, Reni (2019) Pengaruh model pembelajaran Reviprocal Teaching (RT) dan kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman sejarah peserta didik kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah I Taman Sidoarjo / Reni Saputri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Saputri Reni. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Pemahaman Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Joko Sayono M.Pd.M.Hum. (2) Dr. Hj. Endang Sri handayani S.E. M.Si.Ak Kata Kunci Reciprocal Teaching Kemampuan Berpikir Kreatif Pemahaman Sejarah. Model pembelajaran reciprocal teaching (pengajaran timbal balik) merupakan pembelajaran yang dirancang melalui empat strategi pembelajaran yaitu menyusun pertanyaan (questioning) memprediksi (prediction) mengklarifikasi atau menjelaskan (clarifying) dan merangkum (summarizing). Model pembelajaran reciprocal teaching sejalan dengan teori konstruktivis yaitu peserta didik mencari pengetahuan sendiri sehingga bisa menjalankan langkahlangkah model pembelajaran reciprocal teaching. Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir kelancaran (fluency) kemampuan berpikir fleksibel (fleksibilitas) kemampuan berpikir orisinal (originality) dan kemampuan berpikir elaborasi (elaboration. Pemahaman sejarah Pemahaman sejarah adalah pemahaman yang bisa menguasai dan memahami peristiwa sejarah yang terdiri dari fakta sejarah konsep sejarah narasi sejarah. Penelitian ini tujuan untuk (1) mendeskripsikan adanya pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman sejarah peserta didik (2) mendeskripsikan adanya pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman sejarah peserta didik (3) mendeskripsikan adanya pengaruh interaksi model pembelajaran reciprocal teaching dan kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman sejarah peserta didik. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan rancangan factorial pretest dan post-test non-equvalent control group desing. Subjek peneliti adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo tahun ajaran 2018/2019. Jumlah subjek penelitian adalah 55 peserta didik 27 peserta didik kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas kontrol. Pengumpulan data berdasarkan tes berupa pilihan ganda dan essay untuk mengukur pemahaman sejarah dan kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan Anova Two Way Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman sejarah peserta didik dengan nilai signifikansi 0 000 (3) ada pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman sejarah peserta didik dengan nilai signifikansi 0 000 dan (3) ada interaksi model pembelajaran reciprocal teaching dan kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman sejarah peserta didik dengan nilai signifikansi 0 037.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113856

Actions (login required)

View Item View Item