Pengaruh model pembelajaran interaktif dan keterampilan sosial siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 1 Gondanglegi / Ririk Ajeng Alfianti

Alfianti, Ririk Ajeng (2019) Pengaruh model pembelajaran interaktif dan keterampilan sosial siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS di SMA Negeri 1 Gondanglegi / Ririk Ajeng Alfianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Alfianti, Ririk Ajeng. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan Sosial Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Gondanglegi. Tesis, Pendidikan Sejarah, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Blasius Suprapta, M.Hum. (II) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak. Kata Kunci: Model Pembelajaran Interaktif, Keterampilan Sosial, Hasil Belajar Teori konstruktivistik sosial Vygotsky menyebutkan bahwa interaksi sosial merupakan landasan terjadinya perkembangan kognitif. Berdasarkan teori tersebut, diduga model pembelajaran interaktif mampu mempengaruhi perkembangan kognitif karena adanya interaksi sosial yang dilakukan siswa. Pada teori konstruktivistik sosial juga dijelaskan adanya zone of proximal development. Interaksi dengan orang lain dalam ZPD mendorong terjadinya perkembangan kognitif sehingga diduga ada faktor lain yang bisa mempengaruhi hasil belajar yaitu keterampilan sosial. Keterampilan sosial membantu siswa untuk berinteraksi dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh model pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar? (2) adakah pengaruh keterampilan sosial terhadap hasil belajar? dan (3) adakah interaksi antara model pembelajaran interaktif dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dengan desain faktorial. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Gondanglegi tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes, angket, dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua jalur dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif signifikan penggunaan model pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. (2) Ada pengaruh positif signifikan keterampilan sosial siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Hasil uji Post Hoc menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi lebih bagus dibandingkan dengan siswa yang memiliki keterampilan sosial sangat tinggi, sedang, dan rendah. (3) Ada pengaruh positif signifikan interaksi antara model pembelajaran interaktif dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran dari peneliti adalah guru bisa menggunakan model pembelajaran interaktif dalam pembelajaran sejarah dan memperhatikan keterampilan sosial siswa, serta bagi peneliti selanjutnya bisa melakukan Penelitian Tindakan Kelas atau melakukan penelitian eksperimen dengan memadukan model pembelajaran interaktif dengan variabel lain. Implikasi hasil penelitian ini terhadap pembelajaran sejarah di SMA adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran interaktif dengan terlebih dahulu membiasakan siswa untuk melakukan interaksi sosial dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113855

Actions (login required)

View Item View Item