Refleksi internal dan eksternal guru terhadap pemanfaatan candi Kotes sebagai sumber belajar sejarah / Mia Juwita Kaningtyas

Kaningtyas, Mia Juwita (2019) Refleksi internal dan eksternal guru terhadap pemanfaatan candi Kotes sebagai sumber belajar sejarah / Mia Juwita Kaningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kaningtyas, Mia Juwita. 2016. Refleksi Internal dan Eksternal Guru terhadap Pemanfaatan Candi Kotes sebagai Sumber Belajar. Tesis. Program Studi Pendidikan Sejarah, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Joko Sayono, M.Pd, M.Hum (2) Dr. R. Reza Hudiyanto, M.Hum. Kata Kunci : Refleksi Internal dan Eksternal, Candi Kotes, Sumber Belajar Candi Kotes merupakan salah satu sumber belajar sejarah yang sangat potensial digunakan sebagai sumber belajar sejarah. Namun sayang sekali pemanfaatan candi Kotes sebagai sumber belajar sejarah masih sangat minim sekali. Hanya terdapat dua guru dari 6 sekolah di sekitar candi Kotes yang telah memanfaatkan candi Kotes sebagai sumber belajar sejarah. Padahal pemanfaatan candi Kotes sebagai sumber sejarah dimungkinkan mampu meningkatkan rasa cinta siswa terhadap sejarah tempat tinggal mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengetahuan guru mengenai candi Kotes serta mengetahui refleksi internal dan eksternal guru terhadap pemanfaatan candi Kotes sebagai sumber belajar sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan metode wawancara. Wawancara dilakukan dengan guru-guru IPS pada sekolah-sekolah yang berada radius 5 kilometer dari candi Kotes. Pelaksanaan wawancara secara mendalam dilakukan guna mengetahui pengetahuan guru mengenai candi Kotes dan refleksi internal dan eksternal guru terhadap pemanfaatan candi Kotes sebagai sumber belajar sejarah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengetahuan guru mengenai letak candi Kotes tergolong baik namun pengetahuan guru mengenai sejarah candi Kotes tergolong sangat kurang. Hal tersebut dikarenakan latar belakang guru IPS serta kurangnya referensi yang membahas mengenai candi Kotes (2) refleksi internal guru terdiri dari refleksi internal yang bersifat positif dan negatif. Relfeksi internal guru yang bersifat positif meliputi pengetahuan guru mengenai letak candi Kotes, sedangkan refleksi internal yang bersifat negatif adalah kurangnya pengetahuan guru terhadap sejarah candi Kotes (3) refleksi eksternal guru juga digolongkan dalam refleksi eksternal yang bersifat positif dan juga negatif. Refleksi eksternal positif terdiri dari adanya organisasi musyawarah guru atau MGMP yang memberikan dorongan dan motivasi untuk memanfaatkan sumber belajar sejarah yang ada di lingkungan sekitar. Sedangkan refleksi eksternal yang bersifat negatif adalah kurangnya alokasi waktu serta minimnya sarana dan prasarana (4) refleksi internal dan eksternal yang tergolong negatif menjadi penggerak guru untuk tidak memanfaatkan candi Kotes sebagai sumber belajar sejarah berbasis lingkungan sekitar. Segingga hal tersebut berdampak pada minimnya pemanfaatan candi Kotes sebagai sumber belajar sejarah. Saran pada penelitian ini antara lain (1) Referensi mengenai candi Kotes perlu ditambah lagi sehingga mampu meningkatkan pengetahuan guru mengenai sejarah candi Kotes (2) workshop bagi para guru yang ditujukan agar guru mampu memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar secara lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113851

Actions (login required)

View Item View Item