Rizqi, Afan Sultony (2018) Pengembangan multimedia interaktif materi kajian situs bangunan kolonial Asrama Inggrisan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Cluring di Banyuwangi / Afan Sultony Rizqi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Afan Sultony Rizqi . 2018.Pengembangan Multimedia Interaktif materi kajian Situs asrama inggrisan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Cluring. Tesis. Program Studi Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.JokoSayono M.Pd. M.Hum. (II) Dr. Sukamto M.Pd M.Si Kata kunci multimedia interaktif situs Asrama Inggrisan motivasi dan hasil belajar Pembelajaransejarah di SMAN 1 Cluring memilikibanyakkendalasalahsatunyaadalah guru kurangmemanfaatkanfasilitas yang adadi sekolahsehinggamenurunkan motivasi danberdampakpadaprestasibelajarsejarahsiswa. Penelitianinibertujuanuntuk 1) menghasilkansebuahproduk multimedia interaktifsitus kolonial asrama Inggrisanyaitu valid praktis efektif dan 2) melihatkeefektifan multimedia interaktifdalammeningkatkanmotivasi dan hasil belajarsejarahsiswa. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitian Thiagarajan (1974) karenatahapan-tahapan yang dipakaisesuaidenganproduk multimedia interaktif yang padadasarnyaberbasis komputer. Pada penelitianini data diperolehdarihasilangketdanhasilteskognitif yang dilakukanselamapenelitian di lapangan. Dalammengumpulkan data melaluiobservasi penelitimenggunakanreferensiberupasumber-sumbertertulisdalampenyusunanmateripembelajaranuntukmengecekkeabsahan data. Hasilvalidasi dari para ahli menunjukan 1) ahlivalidasimaterimendapatkanskor 84% yang menunjukankriteria valid 2) validasiahli media mendapatkanskor83% yang menunjukankriteria valid 3) hasiluji cobakelompokkecilmendapatkanrerataskepraktisan 91% dengankriteria praktis 3) hasilujicobakelompok kecil mendapatkanreratakepraktisanolehsiswa82% dengankriteria praktis 4) hasilujicobakelompokbesarreratakeefektifanmendapatkanskorrerata 90%dengankriteria efektif 5) hasilujicobakelompokbesarmendapatkanreratakepraktisanoleh guru sebesar89% dengan kriteria praktis 6) hasilujicobakelompokbesardenganperbandingankelompok control dankelompokeksperimenmendapatkanreratakenaikanangka 90% dengankriteria berminat 7)hasilujicobakelompokbesardenganperbandinganantarakelompok control dankelompokeksperimenmendapatkanreratakenaikan 81% dengankategori memuaskan . Hasilpenelitianmenunjukanbahwapengembangan multimedia interaktifsitus kolonial asrama Inggrisandapatmembantumenyampaikan materi kolonial karenamemenuhi kriteriakevalidan kepraktisan dan keefektifan sebagai media pembelajaran. Hal tersebutkarenafasilitas yang ada di SMAN 1 Cluring yang sangatmendukungdenganditerapkanya program multimedia interaktif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/113849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |