Pengembangan Bahan Ajar Novel Sejarah ‘Bara Revolusi’ untuk Meningkatkan Minat Baca dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT / Ramilury Kurniawan

Kurniawan, Ramilury (2018) Pengembangan Bahan Ajar Novel Sejarah ‘Bara Revolusi’ untuk Meningkatkan Minat Baca dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT / Ramilury Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, Ramilury. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Novel Sejarah ‘Bara Revolusi’ untuk Meningkatkan Minat Baca dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT. Tesis. Jurusan Pendidikan Sejarah. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum., (2) Dr. Sukamto, M.Pd., M.Si. Kata Kunci: bahan ajar, novel sejarah, minat baca, hasil belajar Salah satu permasalahan dalam pembelajaran sejarah adalah rendahnya minat baca peserta didik. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa minat baca peserta didik hanya mencapai 1 hingga 5 halaman per hari. Hal ini juga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Melihat permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan sebuah bahan ajar novel sejarah yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid dan praktis, dan 2) melihat keefektifan novel sejarah ‘Bara Revolusi’ dalam meningkatkan minat baca dan hasil belajar sejarah pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan model Borg & Gall. Langkah-langkah penelitian menurut Borg dan Gall telah pengembang modifikasi demi kepentingan akademik sehingga terdiri dari 8 langkah penelitian. Subjek uji coba adalah guru dan siswa kelas XI IPS 3 dan XI IPA 4 SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket, lembar validasi, dan soal tes esai.. Hasil dari validasi adalah: 1) validasi ahli materi mendapatkan skor 90,9% sehingga masuk dalam kriteria ‘valid’, 2) validasi ahli produk novel mendapatkan skor 88,3% sehingga masuk dalam kriteria “Valid”, 3) validasi ahli bahasa mendapatkan skor 89% sehingga masuk dalam kriteria ‘valid, 4) hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan skor kepraktisan 90,9% sehingga masuk kriteria ‘praktis’ dan untuk guru sejarah mendapatkan skor kepraktisan 86,8% sehingga masuk kriteria ‘praktis’, 5) hasil uji coba kelompok besar untuk keefektifan terhadap peningkatan minat baca mendapatkan skor 91,8% sehingga masuk dalam kriteria ‘sangat berminat’, sedangkan untuk keefektifan terhadap peningkatan hasil belajar mendapatkan skor 91,9% sehingga masuk dalam kriteria ‘sangat efektif’. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa novel sejarah ‘Bara Revolusi’ telah memenuhi tujuan dari penelitian dan pengembangan yaitu menghasilkan produk yang layak dan efektif meningkatkan minat baca serta hasil belajar. Bahan ajar novel sejarah ‘Bara Revolusi’ dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah di kelas untuk meningkatkan minat baca dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113847

Actions (login required)

View Item View Item