Penerapan pembelajaran kooperatif modifikasi model TAIn (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X IIS 5 SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Laelatul Masroh

Masroh, Laelatul (2018) Penerapan pembelajaran kooperatif modifikasi model TAIn (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X IIS 5 SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Laelatul Masroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masroh, Laelatul. 2018. PenerapanPembelajaranKooperatifModifikasi Model TAIn (Team Assisted Individualization) untukMeningkatkan Hasil belajar dan Keterampilan Sosial Siswa dalamPembelajaran Sejarah di Kelas X IIS 5 SMAKKolese Santo Yusup Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Sejarah FakultasPascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Siti MalikhahTowaf, M.A.,Ph.D. dan Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Koopetif, TAIn Kelas merupakantempatdimana proses pembelajaranberlangsung dan gurumerupakansutradaradalamsetiapkelas. Berdasarkanpengamatandiketahui permasalahan di kelas X IIS 5adalahhasilbelajardan keterampilan sosial yang rendah. Kelasinimerupakankelasheterogen dan adanya sistemparalelmemungkinkansiswa-siswi di kelas bersifat individual. Dampaknyapembelajaransejarah di kelasmenjaditerhambatkarenaperbedaankemampuansiswadalammemahami dan menyerapmateri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penerapan pembelajaran kooperatif modifikasi model TAIn diterapkan dalam empat siklus. Setiap siklusnya terdiri atas empat pertemuan, pada pertemuan satu sampai tiga menerapkan pembelajaran kooperatif model TAIn sedangkan pertemuan ke empat dilakukan tes. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rancangan pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun sebelumnya dan mengalami perbaikan sesuai dengan hasil refleksi yang dilakukan. Penerapanpembelajarankooperatifmodifikasi model TAInberjalandenganbaik. Hal inidibuktikandarihasilobservasiaktivitassiswa yang meningkat pada setiapsiklusnya. Selainitudarihasilangketevaluasiindividu dan kelompok, menunjukkanhasilsiswaterbiasadalampembelajarankooperatif model TAIn.Hasil belajar siswa diukur dalam ranah kognitif. Pada sikluspertamadayaserapnyaadalah 76% dengan rata-rata kelas 79, darijumlahinitercatat 10 orang tidak tuntas. Pada sikluskeduaterjadipeningkatandayaserapmenjadi 78 % dan 9 orang siswa yang tidaktuntas. Pada siklusIII dayaseraptetap diangka 78% dan meningkat pada siklusIVyaitu 91%. Pada siklus IV tercatathanya3 siswa yang harusremidi dan rata-rata kelasmencapaiangka 81. Dari data tersebutdapatdilihatdari rata-rata tiappertemuanadapeningkatan yang cukupsignifikan dan telahmencapaitingkatketuntasansecaraklasikal. Jadisecaraumumpenerapanpembelajarankooperatifmodifikasi model TAInberhasilmengatasiproblematikapembelajaransejarah yang ditandaidenganmeningkatnyahasilbelajarsiswa. Serta menciptakan pembelajarantidakhanyaberpusat pada guru sertamampumengembangkandiritidakhanyadibidangakademiktapi juga non akademikterutamaketerampilansosial.Keterampilansosialsiswaditunjukandengankeinginanuntukbersosialdaridalamdiri, menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, mengorbankan kepentingan diri demi oranglain, adanya pengaruh untuk bersosialisasidan upayamenyelesaikanpermasalahandalamberinteraksisosial. Pembelajaran kooperatif modifikasi model TAIn dapat mengatasi masalah akademik dan sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/113846

Actions (login required)

View Item View Item